Jumat, 28 Jul 2017 18:30 WIB

Modif Pelek Lebih Besar, Pilih Ban yang Lebih Kuat

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Pool (Carscoops) Foto: Pool (Carscoops)
Jakarta - Modifikasi pelek mobil dengan ukuran yang lebih besar biasanya dilakukan banyak orang untuk membuat tampilan keseluruhan mobil menjadi keren. Menaikkan ukuran pelek tentu harus menyesuaikan ukuran bannya juga agar diameter total roda (pelek dan ban) tetap sama dengan standard pabrikan.

Biasanya, menaikkan ukuran pelek dibarengi dengan mengganti ban yang profilnya sampingnya lebih tipis. Dengan begitu, diameter keseluruhan roda tak jauh beda dengan standard pabrikan.

"Tapi orang kadang menaikkan ukuran pelek, tapi dia kadang tidak memperhatikan kualitas bannya," kata PDP Business Manager Michelin Indonesia, Refil Hidayat saat ditemui di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (28/7/2017).

Pada saat menaikkan ukuran pelek dan menggunakan ban dengan profil yang lebih tipis, maka beban ban jadi lebih berat. Sebab, dinding atau profil ban itu jadi lebih tipis.

"Pada saat profil ban jadi tipis, maka dibutuhkan kekuatan dinding yang lebih baik. Kalau tidak lebih baik, setelah sekian lama dipakai, dinding bisa jadi retak-retak. Makanya dibutuhkan ban yang memiliki performance itu juga. Jadi pilih lah ban yang memiliki tingkat kualitas kekuatan dinding yang baik, sehingga dia jangan sampai dipakai sebentar sudah retak-retak," ucap Refil. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Mobil Korea Lebih Baik dari Mobil Jepang?

    Mobil Korea Lebih Baik dari Mobil Jepang?

    Jumat, 20 Jul 2018 18:23 WIB
    Meski mendominasi di Tanah Air, namun masih ada yang meragukan kualitas mobil Jepang. Bahkan disebut-sebut masih lebih baik mobil Korea daripada mobil Jepang.
  • Yamaha Scorpio Berbaju Scrambler

    Yamaha Scorpio Berbaju Scrambler

    Jumat, 20 Jul 2018 18:01 WIB
    Siapa bilang modifikasi hanya demi kepuasan diri, ini tidak berlaku untuk Prandananta S atau Bagong rider, yang permak abis Yamaha Scorpio 2014 miliknya.