Kamis, 27 Jul 2017 07:16 WIB

Tips Membeli Kompresor AC Mobil Bekas

Thayne Finsenda Lika - detikOto
Kompresor AC Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Kompresor AC mobil anda sudah sering bermasalah? Kompresor AC bekas masih menjadi solusi bagi banyak sekali pemilik mobil. Namun mencari barang bekas yang berkualitas tentu tidaklah mudah. Oleh karena itu anda perlu mengetahui tips-tips membeli kompresor AC mobil bekas.

Kualitas

Hal paling mendasar ketika memilih membeli kompresor AC mobil bekas adalah jangan pernah membeli kompresor AC mobil yang bermasalah.

Oleh karena itu, mintalah izin untuk mengetes performa kompresor tersebut sebelum anda membelinya. Anda juga perlu mengenali ciri-ciri kompresor AC mobil yang bermasalah. Setidaknya ada 4 ciri-ciri dari sebuah kompresor bermasalah, yaitu:

1. Bunyi ngorok/kasar pada piston penanda kompresor sebenarnya sudah jebol
2. AC kurang dingin saat mobil di RPM rendah, artinya ada masalah pada kompresi kompresor
3. Banyak terdapat karat/korosi, artinya potensi bocor/jebol kompresor akan sangat besar
4. Kompresor dengan magnetic clucth mati, artinya ada masalah pada kompresor AC tersebut

Namun banyak sekali kompresor AC bekas yang masalahnya baru akan terlihat/terasa setelah 1 minggu hingga 6 minggu pembelian. Oleh karena itu sangatlah penting untuk:

- Hanya membeli kompresor AC bekas jika diberikan jaminan garansi produk
- Hanya membeli kompresor AC bekas dengan merk berkualitas seperti Denso dan Sanden

Harga

Selain melihat kualitas dari kompresor AC bekas tersebut, harga adalah hal lain yang perlu anda perhatikan. Banyak sekali pembeli yang tidak mengetahui harga pasaran dari barang bekas yang hendak dibeli.

Oleh karena itu, sebelum membeli anda juga harus mencari tahu dan memastikan harga pasaran dari barang tersebut. Untuk kompresor bekas dalam kondisi baik dengan pemakaian hanya beberapa bulan, umumnya harga berkisar di angka 70-80% dari harga kompresor baru.

Untuk kompresor bekas dalam kondisi baik dengan pemakaian sudah lewat 1 tahun, umumnya harga berkisar di angka 60-70% dari harga kompresor baru.

Untuk kompresor bekas dalam kondisi baik namun memerlukan sedikit perbaikan sebaiknya tidak perlu dibeli meskipun harganya murah. Sebab kompresor tersebut berpotensi memiliki kerusakan lainnya yang tidak atau belum terdeteksi.

Tempat membeli

Belilah kompresor AC baik baru maupun bekas di toko-toko/bengkel yang terpercaya dan dengan pelayanan yang baik. Hal ini akan membantu anda untuk :

- Mendapatkan tawaran produk terbaik
- Klaim garansi yang lebih terjamin


www.doktermobil.com (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com