Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 17 Juli 2017, 14:48 WIB

Mau Modif Mobil Jadi Ceper, Cek Ini Dulu

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Mau Modif Mobil Jadi Ceper, Cek Ini Dulu Suspensi Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta -

Otolovers yang mau memodifikasi mobilnya menjadi ceper sebaiknya jangan tanggung-tanggung. Sebaiknya langsung memasang coilover saja, agar tetap aman dan nyaman meski mobil hampir menyentuh tanah. Lantas apa sih coilover itu?

Coilover adalah tipe sportnya dari shock absorber tipe ini bisa di atur sedemikian rupa dengan cara manual. Dengan menggunakan ini, mobil ceper akan baik-baik saja melewati macam-macam kondisi jalan.

"Dia (coilover) harus di atur manual tergantung medan. Makanya kan ada keterangannya hard dan soft. Kalau hard memperkeras, kalau soft jadi lebih lembut," ujar Pemilik Bengkel Jaya Spring, Midun, saat ditemi detikOto, di Jalan H. Nawi, Radio Dalam, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Enaknya lagi, pengaturan secara manual itu dapat dilakukan sendiri, tanpa harus repot bawa mobil ke bengkel. "Tanpa bongkar-bongkar. Kalau naik turunnya cukup didongkrak, dinaikin, diputer, pakai tangan pun bisa," kata Midun.

Jenisnya pun berbeda-beda. Kata Midun, untuk jenis tercanggih ada empat fungsi dalam coilover, yaitu untuk mengatur naik-turun, keras-empuk, rebon, dan pillow ball. Ada juga yang hanya untuk pengaturan naik-turun saja, harganya berkisar Rp 12 hingga Rp 27 juta.

"Rebon itu jadi gini, shock itu peredam per, peredam kejut, pada saat naik ketas itu lebih kuat kalau dikencengin, nah kalau Pillow Ball untuk atur kemiringan ban. Kalau untuk mobil-mobil Rally malah bisa sampai Rp 40 jutaan," tuturnya.

kisaran harga Rp 12 juta hingga Rp 27 juta tersebut kata Midun, sudah termasuk ongkos pemasangan, dengan waktu pengerjaan sekitar 1 hingga 3 jam.

"Cuma kalau dari pabrikan, dia garansinya garansi pabrik. Ada juga custom, cuma kadang terukurnya dari keungan mereka," ungkapnya.

"Dengan pakai ini (coilover) dapet safetynya udah dapet, kenceng, buat tikungan, untuk keceptan tinggi, tinggal nyetel kita kerasin kalau jalannya rata, cuma kalau buat harian jalan gelombang kita lembutin," pungkas Midun.

(khi/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed