Kamis, 13 Jul 2017 14:39 WIB

Cek Hal Ini Biar Tidak Tertipu Saat Beli Aki Mobil

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Ruly Kurniawan Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Yang namanya suku cadang mobil, kadang kita suka dibuat kecele karena ternyata produk yang kita pilih palsu. Misalnya soal aki. Aki yang tidak original atau KW di pasaran yang mengatasnamakan merek tertentu kian marak di pasaran.

Sebagai produsen sparepart nomor satu di Indonesia, Astra Autoparts menjadi salah satu korbannya. "Banyak tuh konsumen yang mengeluh kok ini aki GS Astra durabilitinya Cuma sebentar. Cuma 3 bulan pake udah selesai. Padahal yang dia gunakan GS abal-abal," ucap Direksi Astra Otoparts, Yusak Kristian kepada wartawan di Jakarta, Kamis (13/7/2017).

Chief Executive Marketing Astra Otoparts, Rio Sanggau pun ikut angkat suara terkait hal ini. Menurutnya, membedakan aki GS Astra yang asli dan palsu tergolong mudah.

"Kita udah mengantisipasi hal ini, makanya selalu kita buat sesuatu untuk pembeda dari GS palsu. Kita tambahkan logo GS Astra dan di bawahnya tertulis Astra Otoparts. Nah ini nih yang enggak bisa ditiru," ucap Rio.

"Iya. tinggal lihat bagian bawah aki GS Astranya ada tulisan Astra Otoparts apa gak. Biasanya kan kalau yang KW tulisannya macem-macem tuh walaupun terpampang logo GS Astra gede," tambah Yusak menyetujui. Tulisan tersebut hadir di setiap seri GS Astra di kotak dan batangannya.

Untuk mempermudah konsumen memilih aki yang asli, Astra Otoparts mengeluarkan menu barunya yakni Astra GS Astra Smart. Konsumen akan dimudahkan untuk berbelanja sparepart original karena outlet-outlet yang menjual aki resmi akan terpampang logo tulisan tersebut. Selain itu, bagi pengendara yang ingin berkonsultasi dan bertanya seputar GS Astra, Astra Otoparts juga menghadirkan layanannya, yaitu Astra GS Solution Center.

Cek Hal Ini Biar Tidak Tertipu Saat Beli Aki MobilFoto: Ruly Kurniawan


"Untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan meminimalisir kasus kena tipu, kita akan hadirkan GS Smart. Jadi gak ada lagi tuh konsumen yang kena tipu aki GS Abal-abal," ucap Yusak.

GS Astra Smart ini berupa ikon untuk outlet terpilih bahwa outlet itu menjual GS Astra yang original. Outlet yang ditunjuk juga ialah outlet-outlet resmi yang telah terjamin kualitasnya.

Pada menu yang kedua, GS Astra Solution Center, dapat memungkinkan konsumen untuk berkonsultasi terkait GS Astra mulai dari perawatan hingga saran2 secara langsung.

"Hadirnya GS Astra Solution Center ini akan menambah kenyamanan dan kepuasan konsumen. Karena ga sedikit konsumen yang tidak terlalu paham dengan mesin. Jadi kalau ada yang mau ditanyakan, kita ada fitur ini," tambah yusak

Terkait produk baru, dalam waktu dekat, GSAstra juga akan meluncurkan produk barunya, GSCalciumbattery.
Cek Hal Ini Biar Tidak Tertipu Saat Beli Aki MobilFoto: Ruly Kurniawan


(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com