Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 10 Juli 2017, 15:40 WIB

Ini Bagian Kaki-kaki Mobil yang Rentan Rusak

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ini Bagian Kaki-kaki Mobil yang Rentan Rusak Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta -

Kenyamanan saat berkendara tidak lepas dari peran kaki-kaki pada mobil. Cacat satu komponen saja pada kaki-kaki mobil, dijamin kenyamanan tidak akan dirasakan lagi.

Nah, dari sekian banyak komponen kaki-kaki ada satu bagian part yang paling rentan mengalami kerusakan yakni Rack Steer. Hal tersebut dikatakan pemilik Bengkel Uban Jaya Motor Spesialis Kaki-kaki, Subhan. Kerusakan Rack Steer ini disebkan mobil-mobil tahun baru sudah menggunakan sistem elektrik.

"Yang keseringan sih rack steer yah. Terus tie rod, long tie rod. Mobil sekarang kan kebanyakan sudah elektrik yah, jadi lebih cepat kenanya, 3-4 tahun lah mobil2 sekarang (akan mengalami kendala)," ujarnya kepada detikOto, di Bintaro, Tangerang Selatan.

Lalu bagaimana dengan mobil yang belum menggunakan sistem elektrik pada kemudinya, seperti mobil-mobil tahun tua?

"Lebih lama dia kaki-kakinya (daya tahannya-Red), bisa sampai enam tahun. Beda sistemnya, kalau yang lama kan masih pakai minyak, kalau sekarang kan sudah pakai motor (penggerak) semua, jadi rusaknya lebih cepat dia, dari pada yang lama," tutur pria yang akrab disapa Uban itu.

Uban juga mengatakan, rack steer juga merupakan bagian dari kaki-kaki mobil, yang jika sudah rusak tidak bisa diperbaiki lagi. Artinya hal ini harus di ganti yang baru.

"Pas dibongkar sudah ke makan giginya, itu suda enggak bisa (dibenarin) harus diganti, ganti rack-nya satu set. Biayanya tergantung mobilnya, kalau beli yang asli kisaran Rp 9 juta sampai Rp 12 juta, kalau copotan Rp 3,5 juta sampai Rp 4 jutaan," tuturnya.

Konsumen kata uban juga bebas memilih, untuk mencari barang sendiri, atau meminta sekalian dicarikan barang tersebut sekaligus dipasangkan.

"Kadang-kadang ada yang minta tolong sekalian cariin ya kita cariin, kalau dia yang mau nyari sendiri barangnya, tinggal masang doang disini, Rp 500 - 600 ribuan," pungkasnya.

(khi/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed