Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 27 Juni 2017, 08:16 WIB

Peralatan Sederhana yang Wajib ada di Mobil Saat Pergi Jauh

Dina Rayanti - detikOto
Peralatan Sederhana yang Wajib ada di Mobil Saat Pergi Jauh Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Mudik merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Agar bisa berjalan aman dan nyaman kondisi tubuh dan juga kendaraan harus prima saat melakukan perjalanan jauh. Untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan dijalan pada kendaraan anda, ada beberapa peralatan dan persiapan darurat yang bisa dibawa. Apa saja itu?

Seperti tertulis dalam siaran resmi Nissan, ada empat peralatan yang bisa dimanfaatkan saat melakukan perjalanan.

1. Kabel Jumper
Kabel jumper bisa digunakan jika pada saat melakukan perjalanan mudik tiba-tiba aki mobil sudah rusak. Kabel jumper bisa bermanfaat untuk menghubungkan ke aki dari pengendara lain, sehingga mobil bisa menyala untuk sementara waktu baru kemudian bisa mengganti aki di bengkel.

2. Towing hook
Towing hook bisa berguna misalnya saat perjalanan mobil mogok. Dengan membawa towing hook itu akan memudahkan meminta bantuan dari pengendara lain saat mobil tiba-tiba mati di jalan.

3. Kunci roda
Jikalau tiba-tiba mobil mengalami kempes atau ban bocor, kunci roda cukup bermanfaat untuk mengganti ban.

4. Kunci dongkrak
Dongkrak bisa membantu menaikan kendaraan saat ingin mengganti ban.

5. P3K
Kotak P3K juga merupakan salah satu hal yang penting untuk dibawa terlebih saat kondisi darurat di jalan.

Senior Instruktur Indonesian Road Safety Agent (IRSA) menambahkan tak perlu banyak-banyak membawa peralatan. Yang jelas bisa berfungsi ketika dalam kondisi darurat.

"Toolset seperlunya saja, tidak usah membawa semua peralatan yang dimilki, anda tidak bermaksud membuka bengkel diperjalanan. Toolset dimaksud adalah, dongkrak dan kunci roda, obeng set, kunci pas atau kunci ring set, P3K, kain majun (potongan kain) air dalam botol 1 liter, selotip, gunting," tutur Senior Instruktur Indonesian Road Safety Agent (IRSA), Poedyo Santosa. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed