Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 16 Juni 2017, 14:36 WIB

Mobil Harus Sehat untuk Mudik, Ini yang Harus Disiapkan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil Harus Sehat untuk Mudik, Ini yang Harus Disiapkan Bengkel Toyota (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Jakarta - Mobil pribadi masih menjadi pilihan untuk moda transportasi mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tapi jangan sembarangan, mudik menggunakan mobil harus memperhatikan kondisi mobilnya itu.

Kepala Bengkel Toyota Astra Motor (TAM) Sunter, Iwan Abdurahman menyebutkan, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum menjalankan mobil untuk mudik. Di antaranya adalah pengecekan kondisi mesin, ban, rem dan fasilitas kabin (audio dan AC).

"Mesin harus sehat, enggak bocor oli atau air," kata Iwan kepada detikOto di Jakarta.

Kata Iwan, kalau ada gejala suhu mesin naik, panas saat macet, lebih baik perbaiki dulu masalah itu. Dengan begitu, perjalanan mudik akan lebih nyaman karena tidak direpotkan oleh kondisi mobil bermasalah itu,

"Atau juga jika ada gejala oli boros (sering nambah), beresin dulu atau pake mobil lain," ujar Iwan.

Dilanjutkan Iwan, rem dan ban merupakan perangkat vital. Pastikan kondisi rem dalam keadaan normal, tidak ada kebocoran minyak rem.

"Kalau udah ketuaan, mending ganti dulu, sekalian cek ketebalan kanvas rem," kata Iwan.

Kemudian soal ban, kembangnya minimal 1,6 mm. Kurang dari itu, lebih baik ganti dulu bannya. "Pastikan ban sama kembangnya dan juga ketebalannya. Jangan lupa cek ban serep," ucapnya.

Menurut Iwan, soal fasilitas kabin seperti AC dan audio juga perlu dicek. Ini perlu dilakukan untuk kenyamanan pengendara maupun penumpang di jalan. "Terutama saat macet," ujar Iwan. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed