Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 17 Mei 2017, 11:50 WIB

Awas, Kotoran Hewan Bisa Merusak Cat Mobil

M Luthfi Andika - detikOto
Awas, Kotoran Hewan Bisa Merusak Cat Mobil Ilustrasi (Foto: ProBoyNick)
Jakarta - Otolovers mungkin pernah mengalaminya saat tengah memarkirkan kendaraan tiba-tiba ada kotoran hewan ada di mobil kita. Ternyata, itu bahaya lho untuk cat mobil.

Kok bisa ya? Rupanya kotoran hewan seperti burung dan kelelawar itu sangat sulit dihilangkan dan bisa menjadi penyebab rusaknya cat kendaraan. Seperti disampaikan Marketing Manager, PT Terang Parts Indonesia (Protera Protection), Hendrik Susilo.

"Ada beberapa hal juga yang bisa merusak cat kendaraan, yaitu getah pohon atau kotoran binatang. Kotoran binatang seperti kelelawar atau kampret, burung meski tidak semua burung itu bisa merusak cat kendaraan," kata Hendrik.

Selain kotoran hewan ada beberapa hal yang bisa merusak cat mobil. Hendrik menjelaskan, suhu dalam garasi memang tidak mempengaruhi kerusakan pada cat kendaraan. Namun untuk mobil yang selalu terkena air hujan, panas atau yang selalu menaruh di luar rumah harus waspada. Karena hal ini bisa merusak cat kendaraan.

"Untuk suhu dalam garasi, itu tidak akan berpengaruh pada cat kendaraan. Tapi setelah dicuci diharapkan, pengendara melakukan pengelapan sekering mungkin biar air tidak kering di bodi pada saat di garasi," ujarnya.

"Dan untuk mobil yang ditaruh di luar garasi yang sering terkena air hujan, itu bisa banget merusak cat kendaraan. Apalagi keseringan habis hujan terus panas. Itu bisa banget merusak cat. Tapi tidak saat dilap (keringkan-Red) pada saat hujan berhenti," katanya. (lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +