Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 31 Maret 2017, 17:51 WIB

Ini yang Bikin Lampu LED Awet

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ini yang Bikin Lampu LED Awet Foto: Khairul Imam Ghozali
Lombok - Satuan daya lampu Light Emitting Diode (LED) adalah paling rendah, sehingga lebih efisien dibanding lampu halogen dan High Intensity Discharge (HID). Namun penyakit tidak awet juga bisa menggerogoti LED.

Head Marketing CV Sampurna Part Niaga (Autovision), Dedy Kurniawan mengatakan, untuk mengatasi hal tersebut ada caranya, yaitu dengan menyematkan Relay set.

"Ini penting. Kadang bengkel juga enggak ngasih edukasi pakai relay set. Itu akan menambah waktu produk, long lifetime-nya si LED," ujarnya saat ditemui detikOto, di Atrium Lombok Epicentrum Mall, Lombok, NTB, akhir pekan lalu.

Dedy juga menyarankan agar para konsumen yang membeli relay set untuk disematkan pada lampu LED-nya, memilih relay set yang tanpa kotak atau box.

"Yang relay-nya itu kelihatan gitu, jadi ketika ada masalah gampang kita ngelihatnya, ganti relaynya. Kalau after market yang pakai box itu kan kita enggak tahu, hanya indikator, kita enggak tahu nih rasanya relay-nya itu masih oke, padahal mati satu, indikatornya nyala, berarti kan kita ngiranya masih oke. kalau yang enggak pakai box kita bisa lebih liat," tuturnya.

Lebih lanjut Dedy menjelaskan, ada dua jenis Relay set yang beredar dipasaran saat ini, dengan kisaran harga Rp 100-200 ribu yaitu Relay yang isi dua, dan yang isi empat.

"Tinggal mau pakai yang dua atau empat, kalau yang dua itu berarti satu buat lampu jauh, satu untuk lampu dekat. Kalau empat relay dua untuk lampu dekat kiri dan kanan, dua lagi untuk lampu jauh kiri dan kanan. Biasanya yang empat relay lebih awet," tandasnya. (khi/dry)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed