Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 23 Mar 2017, 17:05 WIB

Tips Mengendarai Mobil yang Masih Gres, Baru dari Showroom

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Tips Mengendarai Mobil yang Masih Gres, Baru dari Showroom Foto: Motoreasy via Newspress
Jakarta - Membeli mobil baru yang sudah jadi impian tentunya menyenangkan. Meski sekarang menyetir kendaraan baru kian gampang, ada beberapa hal yang harus Otolovers perhatikan saat Anda membawa mobil baru untuk pertama kali keluar dari diler.

Kepala IAM RoadSmart Richard Gladman memberikan beberapa poin penting bagi pengendara yang mobilnya masih gres.

"Membeli mobil baru pasti mengasyikkan, tapi juga menjadi investasi yang penting. Jadi tahan sedikit, agar suku cadang mobil bisa memiliki performa yang lebih lama dan lebih bisa diandalkan," ujarnya.

Berikut trik mengendarai mobil dari IAM RoadSmart:

1. Jangan memaksa rem bekerja terlalu keras.

Mulai menyetir dengan halus dan hindari berakselerasi dengan cepat dan mengerem mendadak. Dengan cara ini ban akan lebih tahan lama jika kita membawa mobil dengan halus selama beberapa ratus km awal.

2. Cek cairan pendingin dan oli secara berkala.

Penggunaan oli biasanya lebih banyak untuk kendaraan di bawah 8.000 km, seiring komponen suku cadang mesin mulai longgar, tidak merapat satu sama lain. Namun biasanya akan normal lagi.

3. Jika memungkinkan, hindari melajukan mobil dengan putaran mesin yang konstan selama 1.600 km pertama. Dengan melakukan variasi putaran mesin membantu suku cadang untuk bekerja dalam kecepatan berapa pun.

4. Jangan kaget kalau konsumsi BBM tiba-tiba boros. Konsumsi BBM secara teratur akan membaik setelah suku cadang mulai 'panas'. Konsumsi BBM yang agak boros di km awal merupakan hal yang normal. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed