Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 08 Februari 2017, 16:29 WIB

Tips dan Trik

AC Rusak, Bagian Mobil Lainnya Bisa Terganggu

Khairul Imam Ghozali - detikOto
AC Rusak, Bagian Mobil Lainnya Bisa Terganggu Foto: Rangga Rahadiansyah
Tangerang - Satu lagi alasan untuk selalu merawat AC. Ketika Air Conditioner (AC) mobil mengalami kerusakan, bagian mesin lain akan terpengaruh. Misalnya sistem pengisian baterai atau aki.

"Karena kan beban mesin terlalu berat, dan akhirnya part mesin lain, akan terganggu juga," ungkap Product Manager Coolkars Serpong, Susanto, saat ditemui detikOto.

Selain itu, Susanto juga mengatakan, ada beberapa faktor yang membua suhu dingin pada AC mobil jadi berkurang. "Pertama ekstra fan mati, kedua air freon kurang, ketiga karena kondisi yang memang umur part-nya yang masa waktunya habis," pungkasnya.

Karena berhubungan dengan kenyamanan pada kendaraan itulah maka AC harus dirawat secara berkala. "Dengan perawatan berkala, biayanya lebih ringan dengan kondisi AC jauh lebih dingin, juga tentu bahan bakar lebih irit. Poinnya sih seperti itu," ujarnya.

Di Coolkars sendiri, untuk perawatan AC berkala hanya dipungut biaya sekitar Rp 100 ribuan dengan program yang dinamakan AC Care, mencakup perawatan keseluruhan sistem AC. "Pembersihan filter udara kalau sudah kotor dibersihkan, dan pembersihan blower, kondesor, dan check tekanan refrigerant, kondisi part-part di dalam sistem AC, dan suhu yang dihasilkan dari sistem AC tersebut," ucap Susanto.

Selain itu Susanto juga mengatakan, suhu ideal AC akan berubah, jika tidak dilakukan perawatan berkala. Tapi karena kondisi tanpa perawatan itu bisa lebih panas, karena banyak hal-hal kaya filter kotor, sehingga ganggu sirkukasi udara dari blower tersebut," katanya. (khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +