Selasa, 06 Des 2016 13:59 WIB

Tips Mobil

11 Cara Berkendara Irit Bahan Bakar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
1
Halaman 1 dari 12
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Berkendara dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit menjadi idaman para pengguna kendaraan bermotor. Selain lebih hemat biaya, cara berkendara yang kerap disebut eco driving pun lebih ramah lingkungan.

Menurut Trainer Nissan College Nissan Motor Indonesia, Sugihendi, eco driving adalah bagaimana caranya menghemat setiap tetes bensin. Dengan menerapkan eco driving, perbedaan konsumsi bahan bakar kendaraan sangat signifikan jika dibandingkan dengan cara mengemudi biasa.

"Bedanya bisa 20 persen. Masalahnya, tidak semua orang tidak paham gimana caranya eco drive. Eco drive itu sesuatu yang harus kita latih. Jadi eco drive adalah perpaduan teori, tekniknya dan persiapan. Tidak ada eco drive yang tidak ada persiapan. Baik dari skill maupun kendaraannya sendiri," kata Sugihendi.

Sugihendi memberikan beberapa tips berkendara irit bahan bakar. Tapi sebelum itu, cek kondisi kendaraan apakah sudah mendukung untuk berkendara irit atau tidak. Sebelumnya, detikOto juga sudah membahas tips membuat mobil lebih irit bahan bakar melalui artikel berjudul 'Kiat Bikin Mobil Lebih Irit BBM'.

Setelah itu terpenuhi, cara berkendara hemat bahan bakar perlu dibiasakan. Apa saja tips cara berkendara hemat? Langsung kita simak


(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com