ADVERTISEMENT

GIIAS 2021

Cerita Perempuan-perempuan Cantik di Pameran Otomotif: Maaf Kami Bukan SPG, tapi Usher

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 21 Nov 2021 11:37 WIB
Usher di GIIAS 2021
Usher di GIIAS 2021. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto
Jakarta -

Setiap pameran otomotif tak bisa dilepaskan dari kehadiran para wanita cantik yang berdiri di sekitar produk motor maupun mobil. Seperti di ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2021, beberapa etalase booth APM (Agen Pemegang Merek) juga didampingi deretan wanita cantik. Bagi orang yang awam, mungkin menganggap mereka sebagai Sales Promotion Girl (SPG). Tapi ternyata istilah itu tidak tepat, yang benar adalah usher.

Lalu apa bedanya SPG dan Usher?

Seperti dijelaskan salah satu usher GIIAS 2021, Narita Ayu, pekerjaan SPG dan usher memiliki tugas yang berbeda. Untuk SPG, di samping mempunyai tugas mempromosikan barang yang dijual, juga dibebani target menjual sejumlah barang.

"Kalau SPG itu biasanya job desk-nya termasuk jualan. Jadi (mereka) ada targetnya gitu," ungkap Narita Ayu ditemui detikOto di arena GIIAS 2021, ICE, BSD City, Tangerang, Jumat (19/11/2021).

Usher di GIIAS 2021Usher di GIIAS 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Sementara untuk pekerjaan usher, menurut Narita tuntutannya tidak sebesar tuntutan SPG. Usher lebih ditugaskan sebagai 'pemanis' produk kendaraan. Kendati demikian, usher juga harus memiliki sedikit pengetahuan mengenai produk motor, mobil, atau truk yang di dampinginya.

"Kalau usher kan paling kayak gini aku sekarang, tahu beberapa brand mobil, yang penting tahu aja. Selebihnya ya udah, kita buat pemanis aja (berdiri) di sebelah mobil," sambung dara berusia 25 tahun itu.

"Kita harus tahu beberapa fitur juga, tapi nggak sampai detail juga sih. Kalau ada yang tanya di luar sepengetahuan aku, biasanya aku panggil orang APM-nya," tukasnya.

Usher di GIIAS 2021Usher di GIIAS 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT