Senin, 13 Agu 2018 14:43 WIB

Jadi SPG di GIIAS, Dibayar Berapa?

Akfa Nasrulhak - detikOto
SPG di booth Suzuki Foto: Suzuki SPG di booth Suzuki Foto: Suzuki
Tangerang - Pameran otomotif akan terasa kurang lengkap tanpa kehadiran gadis-gadis cantik yang mendampingi mobil yang dipajang. Selain untuk pemanis, kehadiran mereka juga bisa bikin betah berlama-lama di pameran, oleh karenanya seberapa sih kira-kira gaji untuk SPG ini?

Mereka sendiri lebih senang disapa dengan sebutan usher, karena tugas mereka hanya menyambut dan menyapa para pengunjung booth. Salah seorang usher di booth Suzuki di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang baru menginjak usia 22 tahun itu mengatakan dengan jelas berapa seharinya ia dibayar oleh pabrikan demi menggaet para pengunjung untuk tertarik menyambangi mobil yang ada di sampingnya.




"Disini feenya kalau 1 shift aja, sekitar Rp 1,150 juta, kalau sampai jam 9 malam bisa Rp 2,3 juta," kata Tisa saat ditemui detikOto di arena GIIAS 2018 akhir pekan lalu.

Dia sendiri memang tidak pernah bekerja hingga malam atau dua shift sekaligus, karena ia sadari kondisinya yang mudah lelah. Namun para usher lain, menurut dia ada saja yang mengambil 2 shift sekaligus. Jadi kalau ditotalkan dengan jumlah hari GIIAS yang berlangsung selama 10 hari, para gadis cantik yang menjadi pemanis mobil-mobil pameran itu bisa mengantongi hingga Rp 23 juta selama pameran GIIAS. Wah bisa buat uang muka beli motor ya?



Namun, di sisi lain pekerjaan yang disangka banyak orang hanya diam saja tapi dibayar, menurut seorang usher dari Isuzu, Cindy, dia mengatakan bahwa menjadi seorang usher ya memang ada suka dukanya, tetapi hal itu dia akui sudah sesuai dengan apa yang ia dapatkan. Cindy sendiri tak menyebutkan pasti berapa gaji yang ia peroleh, hanya menyebutkan rentang harganya saja.

"Kalau sukanya enak aja ketemu orang banyak, kalau dukanya ya pegel aja, cuma ya sesuai lah. Sesuai dengan fee nya, sekitar Rp 800 ribu sampai 1 juta per shift. Shifnya dari jam 10.00 pagi sampai jam 16.00 dan dari jam 16.00 sampai jam 21.00, pokoknya sekitar 5 jam lah," kata Cindy. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed