Gianna Velarde, Cewek Cantik Penakluk Gurun

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 27 Jul 2018 14:50 WIB
Gianna Velarde si penakluk gurun. Foto: Istimewa
Lima - Reli Dakar dikenal menjadi balapan yang ekstrem. Bagaimana tidak, kejuaraan ini mengharuskan penunggang motor offroad untuk menaklukkan gurun.

Namun, Reli Dakar tak melulu didominasi kaum adam. Ada juga wanita yang menjadi penakluk gurun yang ekstrem itu. Gianna Velarde akan menjadi salah satunya.

Wanita asal Peru itu akan menjadi salah satu pebalap wanita di ajang Reli Dakar. Gianna akan ambil bagian di Reli Dakar 2019.



Sebelum berlaga di Reli Dakar 2019, Gianna akan mengikuti ajang Desafío Inca. Desafío Inca akan digelar pada 14-16 September 2018 sebelum Gianna mengikuti Reli Dakar 2019.

"Membuat keputusan ini tidak mudah, tapi keinginan untuk mewakili negara saya dan para wanita Peru sudah lebih dari cukup untuk memulai petualangan ini," kata Gianna.

Dia menjadi wanita Peru pertama yang akan berpartisipasi di Reli Dakar dalam kategori sepeda motor. Dia memang sadar bahwa Reli Dakar ini cukup berbahaya.

"Saya bisa jatuh, tapi saya tidak akan menyerah, Dakar 2019 tidak akan melupakan saya," ujarnya.

Gianna menjadi salah satu referensi pengendara sepeda motor di negaranya. Dengan semangat juangnya, ia dikenal dengan profesionalismenya dalam olahraga yang didominasi laki-laki.



Sebelumnya, ada juga wanita yang ikut Reli Dakar. Salah satunya adalah Laia Sanz, cewek asal Spanyol yang menjadi satu dari 14 wanita di kompetisi Reli Dakar 2018.

Sanz merefleksikan kehadiran wanita dalam balapan penakluk gurun di Reli Dakar. Dia malah ingin bisa melihat lebih banyak wanita lagi di balapan itu.

Reli Dakar juga terbilang olahraga yang ekstrem. Di tahun 2018 ini, Reli Dakar diperluas hingga 9.000 kilometer dari kota Lima di Peru hingga kota Cordoba di Argentina. (rgr/ddn)