Senin, 09 Jul 2018 11:19 WIB

Senangnya Rapper Berhijab Ini Bisa Nyetir di Arab Saudi

Dyah Paramita Saraswati - detikOto
Foto: dok. YouTube Foto: dok. YouTube
Jakarta - Setelah bertahun-tahun perempuan Arab Saudi dilarang mengemudi, baru bulan lalu aturan tersebut akhirnya resmi dicabut.

Seorang perempuan bernama Leesa A membuat lagu rap yang diunggahnya di YouTube dan Instagram sebagai bentuk dari perayaan dihapuskannya aturan tersebut.

Dalam video yang diunggah beberapa waktu lalu tersebut, Leesa A tampak mengenakan hijab berwarna putih dengan gamis abu-abu dan celana panjang putih.



Ia berada di belakang kemudi dan mengendarai mobil sedan berwarna abu-abu.

[Gambas:Instagram]



Leesa A pun mulai bernyanyi dalam bahasanya yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti, "Saya tidak lagi butuh orang lain untuk menyopiriku, izin mengemudi kini di tanganku," ujarnya.

"Saya tidak bercanda, hari ini saya sudah bisa menyupir sendiri. Kemudi di tanganku, pedal di bawah kakiku," nyanyinya lagi.

Dalam video tersebut, Leesa A pun tampak melompat dengan raut muka kegirangan.

Sesaat, video yang diunggahnya tersebut pun menjadi viral. Hingga kini videonya sudah nyaris ditonton oleh 1,5 juta pasang mata di YouTube. Ada 28 ribu tanda suka yang dibubuhkan pada video, 12 ribu lainnya membubuhkan tanda tidak suka.



Larangan perempuan untuk mengemudi di Arab Saudi memang sudah lama menjadi perdebatan. Aktivis perempuan kerap memberi perhatian pada masalah tersebut karena dianggap bentuk dari kesenjangan gender di negara tersebut.

September 2017, Kerajaan Arab Saudi mengumumkan akan menghapus peraturan tersebut. Pembebasan itu baru diresmikan pada 24 Juni 2018 lalu.

[Gambas:Youtube]

(srs/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed