Minggu, 24 Jun 2018 12:57 WIB

Pertama Kalinya Pebalap Wanita Arab Saudi Bisa Balapan

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Aseel Al Hamad di balik setir Jaguar F-Type Foto: Jaguar Aseel Al Hamad di balik setir Jaguar F-Type Foto: Jaguar
Riyadh - [Gambas:Youtube]
Untuk pertama kalinya dalam puluhan tahun, wanita Arab Saudi hari ini boleh menyetir kendaraan. Seorang pebalap cantik merayakan hari bersejarah itu dengan ngebut di sirkuit.

Pebalap Arab Saudi Aseel Al Hamad mengendarai mobil Jaguar F-Type melakukan honor lap di sirkuit di Arab Saudi. Selama ini wanita yang menjadi anggota Saudi Arabian Motor Federation itu tidak pernah bisa ngebut di sirkuit di negaranya. Dia harus mengendarai mobil di luar negeri.


"Saya suka mobil sejak kecil, hari ini saya sangat emosional, ini adalah momen menyetir paling terbaik selama hidup saya," ujar Aseel.

Aseel dan Jaguar merayakan hari bersejarah ini dengan memulai kampanye World Driving Day, sebuah program yang mengundang kaum wanita dan pria yang senang berkendara.



"Saya harap orang di seluruh dunia berbagai kebahagiaan dengan kami dengan membagi saat-saat berkendara yang paling berkesan menggunakan #WorldDrivingDay."," ujarnya.

Kebijakan memperbolehkan wanita menyetir itu diumumkan lewat dekrit kerajaan yang diteken oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud akhir September lalu.

Wanita Saudi selama ini selalu ditangkap gara-gara menyetir sendiri, tak jarang mereka harus kehilangan pekerjaan mereka. Agar bisa naik mobil, mereka harus diantar oleh pria anggota keluarga.

Seorang pegiat perempuan Arab Saudi Loujain al-Hathloul pernah ditahan 73 hari karena melanggar larangan mengemudi bagi perempuan.
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed