Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 06 Januari 2018, 15:07 WIB

Yazarloo, Lady Biker Kelahiran Iran yang Tak Ingin Dikekang

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Yazarloo, Lady Biker Kelahiran Iran yang Tak Ingin Dikekang Foto: dok. hindustantimes
Jakarta -
Wanita di Iran diharamkan mengendarai sepeda motor. Bahkan, ada wanita yang ditangkap lantaran nekat mengendarai sepeda motor.

Awal tahun 2017 lalu dua wanita dilaporkan ditangkap setelah terekam mengendarai motor di Iran. Beberapa waktu lalu, pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, bahkan mengeluarkan fatwa terhadap wanita yang mengendarai sepeda.

Tapi, wanita kelahiran Iran bernama Maral Yazarloo ini tak ingin dikekang. Sejak pindah dan tinggal di India 15 tahun lalu, Yazarloo kini lebih suka naik motor. Tak tanggung-tanggung, dia juga kini mengendarai motor gede (moge).

"Saya mulai naik motor setelah pindah ke India. Sampai saat itu, saya tidak tahu apa-apa tentang hal itu karena wanita Iran tidak diperbilehkan mengendarai sepeda motor," katanya dikutip Hindustan Times.

Yazarloo memiliki misi menjelajahi planet Bumi pakai sepeda motor. Dia bermotor lebih dari 100.000 km melalui 45 negara di tujuh benua pakai BMW GS bermesin 800 cc. Dia pun berencana memasuki Iran, meski wanita dilarang mengendarai sepeda motor di sana.

"Sebagai bagian dari Ride to be One, saya berencana untuk memasuki Iran dengan motor saya dan meminta para pemimpin negara tersebut untuk memikirkan kembali peraturan tersebut karena bermotor tidak melawan peraturan agama atau sosial apa pun," katanya.

"Tidak ada perang melawan pemerintah dan saya bukan pemberontak. Ini hanya sebuah permintaan dan saya akan berada di sana untuk menjawab pertanyaan yang mungkin mereka miliki mengenai masalah ini. Saya yakin tentang hal itu, dan mudah-mudahan, sebentar lagi kita akan melihat wanita Iran yang mengendarai sepeda motor," sambungnya.

Majaraie aroosake bi hayaye Ma ­čśé

A post shared by Dr. Maral Yazarloo (Official) (@maralyazarloo) on Sep 23, 2017 at 12:47pm PDT

(rgr/khi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed