Wanita Arab Saudi Akhirnya Dibolehkan Nyetir Sendiri

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Rabu, 27 Sep 2017 10:00 WIB
Foto: AFP PHOTO / MARWAN NAAMANI
Riyadh - Kabar gembira buat pengendara wanita di Arab Saudi. Otoritas di sana akhirnya memperbolehkan wanita untuk mengemudi setelah sekian lama. Wanita diperbolehkan mengemudi mulai bulan Juni 2018.

Kebijakan memperbolehkan wanita menyetir itu diumumkan lewat dekrit kerajaan yang disiarkan langsung di televisi Arab Saudi. Dekrit diteken oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud. Seperti dilansir New York Times, kerajaan Arab Saudi rupanya menyadari reputasi mereka di dunia internasional cukup tercoreng karena larangan itu.

"Sangat luar biasa," ujar profesor dari Universitas Saudi Fawziah al-Bakr. Dia merupakan salah satu dari 47 wanita yang melakukan aksi protes larangan wanita mengemudi itu pada tahun 1990.



Wanita Saudi selama ini selalu ditangkap gara-gara menyetir sendiri, tak jarang mereka harus kehilangan pekerjaan mereka. Agar bisa naik mobil, mereka harus diantar oleh pria anggota keluarga.

"Sejak saat itu, wanita Saudi selalu meminta agar diberi hak untuk menyetir dan sekarang kami bisa. Kami sudah menunggu sekian lama," ujarnya.

Seorang pegiat perempuan Arab Saudi Loujain al-Hathloul pernah ditahan 73 hari karena melanggar larangan mengemudi bagi perempuan. Dia kemudian ditangkap lagi di Bandara Internasional Raja Fahd di Dammam, Minggu (4/6/2017). (ddn/ddn)