Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 21 April 2015, 18:56 WIB

Kartini Otomotif

Wanita di Mercy Akrab dengan Baut dan Mur

- detikOto
Wanita di Mercy Akrab dengan Baut dan Mur
Jakarta -

Siapa lagi Kartini di dunia otomotif tanah air? Dari pabrikan mobil mewah Jerman, Mercedes-Benz ada lagi wakil perempuan. Dia lah Deputy Director Corporate Communication & External Affairs PT Mercedes-Benz Indonesia, Elvera N. Makki.

Apa komentarnya soal dunia yang lebih disenangi kaum pria?

"Saya melihat dunia otomotif sebagai suatu keseruan tersendiri, karena harus memahami teknik spesifikasi kendaraan dan jargon-jargon canggih terkait teknologi dan inovasi yang diusung. Yang membuat saya senang, Saya diberi kesempatan untuk belajar langsung dari pakarnya, yaitu Mercedes-Benz yang dikenal sebagai pioneer atau the inventor of automobile," kata Elvera N. Makki kepada detikOto.

"Banyak yang menyatakan merupakan kesempatan langka untuk bisa memahami kecanggihan kendaraan Eropa. Sehingga walaupun terkadang rumit, Saya justru terpacu untuk menguasai konsep dan grand picturenya," tambah wanita yang sering dipanggil Vera.

Vera juga mengatakan Mercedes-Benz Indonesia sangat mendukung kesetaraan gender.

"Di Mercedes-Benz, diversity atau keberagaman didukung oleh perusahaan. Sehingga perempuan nyaman bekerja walaupun dominasi pria sangat besar," ucapnya.

Sendirian, acap kali Vera melakukan pertemuan baik dengan kalangan internal Mercy maupun kalangan luar Mercy.

"Namun ternyata mereka sangat menghargai kita dan tidak ada perlakuan berbeda, sehingga hal ini membuat kita nyaman dan percaya diri. Kolega dan tim di Mercedes-Benz sangat helpful dimana mereka tak segan untuk sharing dan membantu apabila ada hal-hal teknis yang tidak kita pahami," yakin Vera.

Dan Vera juga mengatakan di pabrik Mercy, para wanita juga sudah akrab dengan urusan baut dan mur. Kaum hawa kini juga mengambil peran di pabrik Mercedes-Benz.

"Di pabrik Mercedes-Benz, kita sudah melihat beberapa karyawan perempuan di jalur produksi, pun di bengkel resmi Mercedes-Benz, salah satu lulusan terbaik mechatronic kita adalah perempuan," katanya.

"Menurut saya ini keren banget, saat melihat seorang perempuan cantik berhijab sedang asyik memperbaiki kendaraan di balik kap mesin atau di bagian bawah mobil Mercedes-Benz. Saat ini ia ditempatkan di Medan," tambahnya.

Perempuan cantik ini juga mengatakan dunia otomotif semakin terbuka dengan kehadiran perempuan. Dan itu merupakan perkembangan yang sangat baik.

"Harapan ke depannya akan semakin banyak perempuan cerdas dan pintar yang mendapatkan peluang untuk bekerja dan mendapatkan posisi strategis di dunia otomotif," tutupnya



(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +