Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 15 Juni 2017, 12:09 WIB

Review Mobil

Review: Toyota Land Cruiser 200, 4WD Offroad nan Klasik

Hiroshi Matsushita - detikOto
Review: Toyota Land Cruiser 200, 4WD Offroad nan Klasik Toyota Land Cruiser (Foto: Response)
Tokyo - Toyota Land Cruiser 200 memiliki respons yang bagus di dunia sebagai kendaraan offroad 4WD yang klasik. Orang yang mengendarai Land Cruiser 200, yang biasa off road atau sekedar membawa mobil di jalan raya, pasti memberikan nilai yang bagus untuk Land Cruiser 200 khususnya untuk aspek manuver, kemudahan servis dan lain sebagainya.

Land Cruiser juga memiliki model heavy duty yakni 70 tapi, model 200 boleh dibilang sebagai SUV yang mewah, namun sejatinya Land Cruiser 200 adalah kendaraan offroad 4WD ketimbang sebuah SUV.

Land Cruiser 200 pertama kali dirilis tahun 2007, mobil kemudian mendapatkan facelift ringan pada tahun 2011 dan 2013. Perubahan berlanjut pada tahun 2015, yakni pada bagian interior, eksterior dan perlengkapan keamanan.

Untuk desain eksterior, mobil tampilannya lebih keren dari grillenya, begitu juga dengan lampu LED yang menyeleraskan diri dengan bodinya yang besar. Di bagian interior, mobil mengadopsi tone berwarna metal untuk memberikan kesan mewah dan nyaman. Di sisi lain, agak cukup sulit untuk masuk ke dalam mobil. Memang ada sidestep yang membantu pengendara masuk ke dalam mobil. Tapi akan susah masuk jika tidak menggunakan assist grip di pilar depan.

Saat mobil dibawa berkendara, berkat posisi joknya, kita bisa melihat dengan jelas. Pandangan lebih jelas lagi berkat desain kap mesin yang sedikit bergelombang. Apalagi dengan update terbaru ini, Land Cruiser 200 telah dilengkapi dengan Multi-Terrain Monitor, peralatan opsional yang menampilkan pemandangan dari luar mobil lewat kamera. Monitor ini terletak di bagian atas mobil untuk memastikan keamanan di sekitarnya.

Fitur keamanan seperti Toyota Safety Sense P, yang merupakan teknologi keselamatan terbaru Toyota sudah dipasang di mobil. Toyota Safety Sense P mencakup Pre-crash Safety System yang dapat mendeteksi keberadaan pejalan kaki melalui radar dan kamera monokuler.

Mesin penggeraknya tidak mengalami perubahan. Masih dilengkapi dengan mesin 4.6L V8 dengan transmisi otomatis 6 percepatan. Daya dan torsi masing-masing adalah 234kW / 460Nm.

Mobil memiliki bobot 2.720kg, dan karena ini adalah jenis mobil super berat yang akan melebihi 3 ton saat mencapai kapasitas maksimal penumpang yang dialokasikan, maka diberi daya tinggi. Meski entah bagaimana mesin ini membuat saya ingin coba pilihan mesin diesel dengan kinerja torsi yang sangat baik, tapi saya rasa mesin Land Cruiser sudah memiliki kinerja yang mencukupi

Suara mesinnya tidak terlalu menyenangkan, tapi mobil berakselerasi dengan bagus meski bodinya yang berat. Akselerasi terasa tepat untuk mobil ini.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +