Rabu, 16 Des 2015 16:35 WIB

Toyota Sienta: Mobil Jepang Gaya Prancis

Takumi Yoshida - detikOto
Foto: dok Response Foto: dok Response
Tokyo - Toyota bakal menambah line-up MPV lewat Toyota Sienta di Indonesia tahun depan. Mobil yang diperkenalkan pada di Jepang pada Juli 2015 ini memiliki desain yang sporty dan disebut-sebut sebagai mobil dengan gaya Prancis.

Toyota Sienta pertama kali diperkenalkan pada September 2003. Selang 12 tahun kemudian, saat kemunculan model barunya di Jepang, Sienta beberapa bulan lalu, Toyota memasang iklan yang besar di harian Jepang dengan warna mobil kuning yang menarik. Iklan itu memenuhi dua halaman koran.

Selain itu, bintang sepak bola asal Kolombia, James Rodriguez juga ada di iklan tersebut. Jadi Anda bisa melihat betapa Toyota berharap dengan Sienta ini. Jadi seperti apa rasanya mencoba mobil ini?

MPV Sporty ini cocok bagi anda yang ingin memiliki mobil dengan segala fungsi pada satu mobil. Mulai dari menjemput anak sekolah, bepergian dengan teman-teman, maupun melakukan mendaki gunung atau bersepeda di akhir pekan.

Mobil MPV ini memiliki dimensi tinggi 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.675 mm dengan dua versi kapasitas penumpang yakni 6 seater dan 7 seater.

Jika melihat tampangnya, mobil mirip dengan mobil hybrid Aqua. Wajar saja karena ini adalah versi bongsor dari hatchback yang menjadi mobil terlaris di Jepang itu.

Mobil memiliki styling yang catchy, tetapi saya pribadi merasa mobil ini terasa unik.

Toyota Sienta memiliki sliding door hingga baris ketiga yang memudahkan penumpang untuk masuk. Mobil memiliki dua versi, yakni 6 kursi dan 7 kursi. Mobil yang saya coba adalah versi 7 kursi.

Di dalam mobil baris pertama dan keduanya memiliki ruang yang cukup, dan Anda juga bisa menggeser kursi baris kedua sehingga, penumpang bisa masuk ke baris ketiga.

Selain punya versi seater berbeda, Sienta juga punya versi powertrain berbeda yaitu dengan mesin 1.5 liter bensin dan mesin 1.5 liter hybrid.

Foto: Toyota Sienta

Generasi terbaru Toyota Sienta juga lebih efisien soal bahan bakar. Untuk Sienta Hybrid, satu liter bensin dapat menempuh jarak 27,2 kilometer.

Sedangkan Toyota Sienta Non-hybrid, untuk satu liter dapat menempuh 20,6 kilometer. Toyota Sienta versi bensin dan hybrid memiliki perbedaan harga sebesar 300 ribu yen atau Rp 34,5 juta.

Mobil bensin standar saat dikendarai ternyata memiliki torsi yang cukup pada putaran mesinĀ  rendah, namun pada akselerasi awalnya mobil melaju dengan agak pelan. Jika menginginkan performa yang lebih, saya menyarankan Anda untuk memilih versi hybrid.

Suspensi pada Sienta ini berjalan dengan fleksibel sehingga nyaman digunakan saat berkendara.

Berbeda dengan mobil Jepang lainnya di segmen MPV yang saat dikendarai terasa guncangannya. Karena kenyamanannya, mobil ini disebut-sebut sebagai mobil Jepang dengan style driving ala mobil-mobil keluaran Prancis.

Dengan kata lain, Sienta memiliki gaya berkendara sendiri, dan saya merasa mobil termasuk menarik untuk ukuran minivan. Saya rekomendasikan mobil ini untuk Anda yang suka dengan tampilannya yang unik.
(nkn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com