Minggu, 03 Mei 2015 13:01 WIB

Laporan dari Jepang

Menguji Mobil Hidrogen Toyota Mirai di Jalanan

- detikOto
Tokyo -

Toyota sudah mulai dengan era mobil hidrogen dengan meluncurkan Mirai. Mirai merupakan mobil dari Toyota yang menggunakan bahan bakar hidrogen dan pastinya sangat ramah lingkungan.

Dalam sesi pengujian kali ini, kesan pertama yang dirasakan mengendarai mobil hidrogen adalah cukup normal. Bahkan, untuk kinerjanya bisa dikatakan lebih dari sedan biasa.

Saat berjalan tidak ada getaran dan suara pada knalpot. Dalam hal ketenangan, Mirai ini bisa dikatakan sangat baik.

Dari jantung mekanisme yang digendongnya, mobil ini memiliki tenaga hingga 154 hp dan torsi maksimum 335 Nm. Dibandingkan rivalnya, Mirai mampu berakselerasi dengan baik.

Tak hanya itu, bicara kinerjanya juga cukup stabil ketika dibawa berkendara kencang. Memang sedikit terjadi body roll saat menikung di kecepatan tinggi, tapi tingkat stabilitasnya tetap cukup tinggi. Sasisnya keras atau mirip seperti sedan sport lainnya.

Saat melakukan test drive Toyota Mirai ini, dicoba pula bagaimana cara mengisi bahan bakarnya. Ternyata tidak sesulit yang pernah dibayangkan, karena cara mengisinya sama seperti mobil pada umumnya.

Saat ini, biasa mengisi hidrogen di Jepang adalah 1.000 hingga 1.100 yen per kg. Toyota Mirai dengan bahan bakar penuh mampu berjalan sejauh 650 km.

Sementara itu, harga Toyota Mirai di pasar domestik Jepang dijual 7.236.000 yen. Menariknya adalah, pemerintah Jepang memberikan subsidi sebesar 2 juta yen. Menarik bukan!

Rating 5 Bintang

Packaging: ★★★★
Interior/Comfort: ★★★
Power Source: ★★★★★
Footwork: ★★★★
Recommendation: ★★★★

(ady/ady)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com