Mengenang Fahmi Idris, Penyuka Moge dan Mobil Tua

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 22 Mei 2022 13:17 WIB
Pengusaha, mantan menteri dan tokoh senior Golkar Fahmi Idris
Foto: Fahmi Idris (Ari Saputra/detikcom).
Jakarta -

Politikus senior, Fahmi Idris, meninggal dunia. Tokoh nasional yang pernah menjabat beberapa peran penting di Indonesia itu memiliki ketertarikan tersendiri di dunia otomotif.

Berdasarkan catatan detikOto, Fahmi Idris merupakan salah satu penggemar mobil tua. Dia memiliki beberapa mobil, salah satu yang paling disuka adalah mobil jadul Mini Morris.

"Morris itu yang paling saya suka," kata Fahmi Idris kepada detikoto, 2013 lalu.

Menurutnya mobil tersebut memiliki sejarah yang tidak dipunyai mobil asal Jepang lain miliknya. Usia mobil yang tua menurutnya, menambah nilai sejarah mobil mungil Mini Morris tersebut.

Fahmi juga mengutarakan sesekali menggunakan mobil Morris itu di waktu senggangnya meski waktunya singkat.

Dalam kesempatan lain, Fahmi Idris juga mengungkapkan kesukaannya naik motor gede (moge). Fahmi memang dikenal senang dengan motor sejak dirinya masih kecil. Fahmi pun sudah kenyang dengan berbagai tipe motor. Fahmi juga dikenal senang melakukan touring ke berbagai daerah di Indonesia.

"Tahu nggak hobi saya? Motor besar," ujar Fahmi dengan bangga.

Ogah Pakai Mobil Dinas Camry, Lebih Pilih Innova

Fahmi Idris pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian sejak 5 Desember 2005 hingga 20 Oktober 2009. Saat itu, Fahmi Idris diberikan fasilitas Toyota Camry sebagai mobil dinas para menteri di Kabinet Indonesia Bersatu I.

Namun rupanya dia kurang sreg menggunakan mobil dinas sedan Toyota Camry. Fahmi lebih sering menggunakan Toyota Kijang Innova.

Dia bilang, setiap hari menggunakan Innova, bukan buat gaya-gayaan. Itu karena mobil MPV tersebut menggunakan komponen lokal yang tinggi.

Meskipun ia mengakui kedua merek tersebut (Innova dan Camry) sama-sama produk Jepang namun secara kandungan komponen lokalnya berbeda.

"Camry local content-nya nol, saya nggak tega bilang nol, saya dengan sadar tidak memakai Camry, sadar betul saya," ujar Fahmi saat masih menjabat sebagai Menperin tahun 2009 lalu.

Ia menambahkan bagi produk apa pun yang dibuat di dalam negeri dengan kandungan lokal sudah di atas 30% maka sudah bisa masuk dalam kualifikasi produk dalam negeri.

Simak Video 'Fahmi Idris Wafat, Akan Dimakamkan di Tanah Kusir':

[Gambas:Video 20detik]



(rgr/mhg)