Cerita di Balik Sarung Tangan Motor Jokowi

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 26 Jan 2022 15:51 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap menggunakan motor kustomnya untuk bekerja, salah satunya saat memantau persiapan MotoGP Mandalika 2022. Menariknya, seluruh perlengkapan berkendara yang digunakan Presiden Jokowi datang dari UMKM dalam negeri dan khusus untuk urusan sarung tangan, datang dari Bellissimo.

Bellissimo sejatinya merupakan merek bengkel yang mayoritasnya mengerjakan Vespa matic. Lantas, mengapa sebuah bengkel bisa punya lini produk sarung tangan dan sampai dipilih oleh Presiden Jokowi?

Andre Mendean, pemilik dari Bellissimo buka-bukaan kepada detikOto. Dia mengatakan, sebenarnya proyek sarung tangan atau apparel lain yang mereka jual, merupakan sekoci penyelamat bisnis di tengah pandemi.

"Bellissimo itu berangkatnya dari sebuah bengkel. Kita bengkel yang memang lifestyle juga. Karena pandemi kemarin di 2020, kita harus putar otak juga untuk mengembangkan sayap ke divisi lain. Nah lahirlah si Belllissimo Apparel ini dari hasil Covid," ujar Andre kepada detikOto.

Demi menguatkan eksistensinya, Bellissimo Apparel bekerjasama dengan builder terkemuka yakni Katros Garage dan membuat lini sarung tangan dalam edisi terbatas. Perlu diketahui, Katros Garage lah yang mengerjakan motor kustom milik Presiden Jokowi.

"Sebenarnya, sarung tangan ini lahir awalnya kolaborasi antara Katros dengan Bellissimo Apparel. Itu dibuat limited hanya 36 pieces. Jadi sebenarnya tidak, specially made (dibuat khusus) untuk presiden," papar Andre.

"Tapi dalam 36 pieces itu, kebetulan Pak Presiden juga liat, dan kita UMKM, dan cocok. Nah kebetulan beliau juga memilih produk itu," lanjutnya.

Presiden Jokowi mengenakan outfit buatan dalam negeri saat menjajal sirkuit Mandalika Lombok untuk persiapan MotoGP. Nah, sarung tangan yang dipakai Jokowi rupanya dijual bengkel Vespa di Tangsel lho.Presiden Jokowi mengenakan outfit buatan dalam negeri saat menjajal sirkuit Mandalika Lombok untuk persiapan MotoGP. Nah, sarung tangan yang dipakai Jokowi rupanya dijual bengkel Vespa di Tangsel lho. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Agar lebih nyaman ketika digunakan dalam banyak aktifitas, Presiden Jokowi meminta kepada Bellissimo untuk memodifikasi sarung tangannya.

"Karena nanti pemakaiannya beliau bilang banyak untuk tanda tangan, untuk grip, untuk pegang handphone segala macem, beliau minta yang half finger. Jadi kita bikin khusus yang half, karena line up ini sebenarnya full finger. Jadi dia minta khusus dipotong," papar Andre.

"Dan kita renov (modifikasi) dalam waktu satu malam," lanjutnya.

Sarung tangan yang dijual seharga Rp 435 ribu tersebut, saat ini sudah sangat terbatas stoknya. Menurut Andre, Bellissimo sengaja tidak menambah produksinya agar kesan eksklusif dari sarung tangan ini makin kental.

"Jadi kita tetap stay di 36 pieces, kalau customer lain mau liat ya monggo liat apparel kita yang line up lain. Supaya (edisi sarung tangan Jokowi) lebih eksklusif," ucap Andre.

Tak hanya mendatangkan kebanggaan bagi Bellissimo, gestur Jokowi menggunakan sarung tangan hasil karya mereka tersebut, ternyata juga mendatangkan popularitas hingga keuntungan finansial.

"Ya luar biasa. Karena beliau adalah salah satu KOL atau influencer terbaik di Indonesia yah. Boleh dibilang begitu yah, karena hampir semua yang beliau pakai melejit, kan?," ucap Andre.

Andre mengatakan setelah Presiden Jokowi menggunakan salah satu lini produk yang mereka punya, penjualan di bidang apparel jadi meningkat hingga 50%.

"Jadi kita terbantu baik untuk kunjungan viewers ke profil (media sosial), sampai segala macem ya naik pasti dan itu convert ke sales juga, khususnya untuk apparel," ujar Andre.

"Sekitar 50% lebih. Makanya itu suatu keajaiban yang luar biasa kita bisa dipercaya sama beliau," tutupnya.

(mhg/din)