Intip Garasi Ganip Warsito, Kepala BNPB Pengganti Doni Monardo: Cuma Ada 1 Mobil dan 1 Motor

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 25 Mei 2021 13:25 WIB
Jokowi Resmi Lantik Letjen Ganip Warsito Jadi Kepala BNPB (Foto: Tangkapan layar YouTube Setpres)
Foto: Jokowi Resmi Lantik Letjen Ganip Warsito Jadi Kepala BNPB (Foto: Tangkapan layar YouTube Setpres)
Jakarta -

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kini dipegang oleh Letjen Ganip Warsito. Dia menggantikan Letjen Doni Monardo, yang memasuki masa pensiun. Melirik sisi lain khususnya bidang otomotif bagaimana seleranya?

Dikutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Selasa (25/5/2021), Ganip Warsito memiliki harta kekayaan sebesar Rp 8,14 miliar atau tepatnya Rp 8.143.000.000. Ia melaporkannya saat menjabat sebagai Kasum TNI sejak 20 Januari 2021.

Jika mengintip isi garasinya, Ganip Warsito tak memiliki kegemaran dalam hal mengoleksi mobil ataupun motor. Dari total kekayaan yang mencapai Rp 8 miliaran tersebut, sebanyak Rp 220 juta di antaranya merupakan alat transportasi dan mesin terdiri dari masing-masing satu unit mobil dan motor.

Pertama mobil, pria kelahiran Magelang, 23 November 1963 ini tercatat hanya memiliki satu unit mobil, yakni Toyota Fortuner tahun 2012 dengan nilai yang ditaksir Rp 200 juta.

Seperti diketahui Fortuner tahun 2012 merupakan generasi facelift sejak peluncuran pada tahun 2005 di Indonesia. Yap, lebih dikenal dengan Grand New Fortuner, penyegarannya berupa tambahan pada sektor dapur pacu, yakni turbocharged.

Selain perubahan pada mesin, terdapat pula perubahan pada engine hood. Sebelumnya, engine hood masih standar sedangkan sekarang telah disempurnakan menjadi hood scoop yang berfungsi sebagai intercooler.

Fortuner 2012Fortuner 2012 Foto: Dok. detikOto

Koleksi kendaraan lainnya, pria lulusan Akmil 1986 ini tercatat memiliki sepeda motor trail, yakni KTM tahun 2016 dengan harga yang ditaksir Rp 20 juta. Tidak disebutkan jenis atau model trail KTM yang dimiliki oleh Ganip Warsito ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun sudah melantik Letjen Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sebelum menjadi Kepala BNPB, Letjen Ganip Warsito menjabat sebagai Kasum TNI sejak 26 Januari 2021. Sebelum menjadi Kasum TNI, Ganip Warsito menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III. Markas Kogabwilhan III berada di Biak, Papua, dengan wilayah meliputi Pulau Maluku dan Pulau Papua.

Saat berpangkat sebagai mayor jenderal, Ganip Warsito pernah menjabat sebagai Pangdam XII/Merdeka pada 2016 sampai 2018. Kemudian Jadi Asops Panglima TNI pada 2019.



Simak Video "Lepas Jabatan Kepala BNPB, Doni Monardo: BNPB Ibarat Kopassus"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)