Momen Ganjar Pranowo Bersih-bersih Motor Tua Yamaha L2 Super

Tim detikcom - detikOto
Senin, 24 Mei 2021 19:23 WIB
Ganjar Pranowo mengelap sepeda motor merahnya. (TikTok @ganjarpranowofc)
Foto: Ganjar Pranowo mengelap sepeda motor merahnya. (TikTok @ganjarpranowofc)
Jakarta -

Ganjar Pranowo sedang menjadi buah bibir lantaran konfliknya dengan Puan Maharani. Dua politisi asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu disebut-sebut sedang bersaing menuju tangga Pilpres 2024 mendatang. Ganjar dianggap memiliki pasukan siber untuk menggenjot elektabilitasnya di social media demi kepentingan pemilu yang digelar dua tahun lagi.

Dalam sejumlah akun media sosial, baik official maupun non-official, Ganjar memang kerap mengunggah berbagai momen. Salah satu yang menarik adalah momen ketika Gubernur Jawa Tengah itu sedang mengelap sebuah motor tua berwarna merah.

Momen itu diunggah oleh berbagai akun media sosial non resmi, seperti di akun TikTok @ganjarpranowofc dan Instagram @ganjarpranowofc. Dalam video berdurasi 35 detik itu, Ganjar Pranowo memperlihatkan momen ketika dirinya sedang membersihkan sebuah motor tua dengan menggunakan kain lap.

Kendati tidak dijelaskan di dalam caption, bisa dipastikan jika motor itu adalah Yamaha L2 Series yang sempat eksis di 1970-an. Mengutip berbagai sumber, L2 merupakan naked bike pertama Yamaha di Indonesia. Motor ini bahkan sudah ada sebelum RX-King dijual resmi di sini.

Lebih spesifik lagi, motor berpelat AA 6960 DD yang tampak dalam video Ganjar Pranowo tersebut merupakan Yamaha L2 Super yang dibuat sekitar tahun 1984. L2 super punya ciri khas lampu kotak, dan sistem pengapian yang sudah di-upgrade dari platina ke CDI (Capacitor Discharge Ignition). Motor ini menggunakan mesin 2 tak berkapasitas 97 cc.

Tidak diketahui, apakah Yamaha L2 Super yang dibersihkan Ganjar adalah motor miliknya sendiri atau bukan. Jika mengacu pada data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), yang disampaikan per 26 Maret 2021, Ganjar tercatat memiliki moge dan motor skutik.

Pertama yang paling santer terlihat bersama ganjar ialah Kawasaki ER-6N, sebuah motor dengan mesin berkapasitas 650 cc dua silinder bergaya naked street fighter. Motor ini merupakan versi telanjang dari Kawasaki Ninja 650. Sementara ER-6N yang dimiliki Ganjar merupakan lansiran tahun 2012 yang ditaksir harganya Rp 70 juta.

Sepeda motor yang kedua ialah Viar Scooter, sebuah motor skuter listrik besutan PT Triangle Motorindo (Viar Indonesia). Tercatat motor yang dimiliki Ganjar merupakan tahun 2018 yang ditaksir harganya mencapai Rp 12 juta.

[Gambas:Instagram]



(lua/lth)