Intip Garasi Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin yang Terseret Dugaan Suap Penyidik KPK

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 29 Apr 2021 11:53 WIB
Azis Syamsuddin
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin terseret kasus dugaan suap penyidik KPK AKP Robin Stepanus dan Wali Kota Tanjungbalai M Sahrial. Mengulik isi garasi Azis Syamsuddin, apa saja yang dimiliki dari politisi partai Golkar ini?

Dikutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dimuat dalam situs KPK, Azis diketahui memiliki total kekayaan mencapai Rp 96,5 miliar atau tepatnya Rp 96.563.663.074. Harta tersebut dilaporkannya pada tahun 2019.

Bicara isi garasi, Azis Syamsuddin tercatat memiliki 6 unit alat transportasi, dari motor gede hingga mobil mewah yang total nilainya mencapai Rp 3.502.000.000. Berikut rinciannya;

Pertama, mobil Toyota Land Cruiser. Wakil Ketua DPR ini memiliki dua unit mobil SUV kekar Toyota Land Cruiser. Dalam data tersebut, Azis punya lansiran tahun 2008 senilai Rp 700 juta, dan tahun 2016 seharga Rp 1.590.000.000.

Kedua, Toyota Alphard. Mobil multi purpose vehicles (MPV) ini sudah tak asing lagi di kalangan artis hingga pejabat. Pun demikian dengan Azis, ia memiliki Alphard tahun 2018 dengan taksiran harga Rp 780 juta.

Ketiga, Toyota Kijang Innova. Masih kategori MPV, namun bukan pintu geser. Azis menyimpan satu unit Toyota Innova lansiran 2016 yang ditaksir harganya Rp 248 juta.

Oke, berlanjut ke roda dua. Ternyata Azis juga hobi menggeber motor gede.

Motor pertamanya ialah Harley-Davidson lansiran tahun 2003. Harganya ditaksir Rp 170 juta, hanya untuk tipe dan modelnya tidak disebutkan lebih rinci.

Kedua, Azis juga didapati menyimpan motor sejuta umat, Honda BeAT. Skuter miliknya itu lansiran tahun 2018 dengan taksiran harga Rp 14 juta.

Kini nama Azis Syamsuddin makin diperbincangkan lantaran terseret kasus dugaan suap penyidik KPK AKP Robin Stepanus Pattuju dan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial. Terbaru, ruangan Wakil Ketua DPR RI itu digeledah.

Peran Azis Syamsuddin dalam kasus suap itu terkuak dalam konferensi pers KPK beberapa waktu lalu. Saat itu, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan Azis Syamsuddin yang mengenalkan Syahrial ke AKP Robin. Azis Syamsuddin juga memfasilitasi pertemuan keduanya.



Simak Video "Bamsoet Sebut Gaptek Jadi Kendala Pejabat Susah Lapor LHKPN"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)