Bos Besar Suzuki Pensiun di Umur 91 Tahun

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 01 Mar 2021 14:49 WIB
Osamu Suzuki
Osamu Suzuki Foto: dok detikOto
Jakarta -

Bos besar Suzuki, Osamu Suzuki mengumumkan bakal pensiun pada Juni 2021 setelah memimpin pabrikan selama lebih dari empat dekade. Namun ia masih akan tetap aktif sebagai penasehat.

Dikutip Reuters, Senin (1/3/2021) Osamu memutuskan pensiun setelah perusahaan merayakan ulang tahun ke 100 tahun lalu dan menyetujui rencana manajemen barunya. Perusahaan juga mengumumkan akan menginvestasikan satu triliun yen ($ 9,45 miliar), sebagian besar pada teknologi elektrifikasi, selama lima tahun.

Tongkat estapet kepemimpinan akan dipegang oleh putranya, Toshihiro Suzuki. Sebelumnya Toshihiro menjabat ke posisi presiden dan COO pada tahun 2015, dan pada tahun 2016 diangkat sebagai CEO ketika Osamu Suzuki mundur dari jabatannya untuk bertanggung jawab atas terkait skandal pengujian konsumsi bahan bakar mobil Suzuki. Namun Osamu kala itu tetap menjadi chairman.

Dengan pemimpin yang lebih muda, perusahaan akan menanggapi dorongan global menuju emisi yang lebih rendah.
"Karbon netral adalah fokusnya sekarang. Suzuki tidak boleh ketinggalan tren global ini," ujar Toshihiro.

Osamu menghabiskan sebagian besar hidupnya bersama Suzuki, sebuah perusahaan yang didirikan oleh kakek dari istrinya.

Ia bergabung dengan Suzuki pada tahun 1958. Sebagai salah satu CEO terlama di industri, Osamu menjadi presiden pada tahun 1978 dan merangkap sebagai ketua pada tahun 2000. Ia mempertahankan gelar ketua selama 22 tahun terakhir.

Selama masa jabatannya, perusahaan tersebut mengukuhkan kehadirannya sebagai pembuat mobil kompak terkemuka. Pada tahun 1983 ia mempelopori keputusan perusahaan untuk memasuki India, yang sekarang menjadi salah satu dari pasar terbesarnya.

Meski mengumumkan untuk pensiun sebagai ketua, Osamu masih akan memiliki hubungan dengan perusahaan, karena dia akan ditunjuk sebagai penasihat senior setelah pensiun.



Simak Video "Suzuki Gagal Triple Crown, Ducati Juara Konstruktor MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)