Koleksi Motor Ariel Noah, Bebek Shogun Hingga BMW R 18 Harga Rp 969 Juta

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 25 Nov 2020 17:59 WIB
Motor Suzuki Shogun Ariel Noah
Motor Suzuki Shogun Ariel Noah. Foto: Screnshot Youtube Ariel Noah
Jakarta -

Ariel Noah tidak hanya dikenal dengan karya-karya musiknya yang melegenda. Pria bernama asli Nazriel Irham itu juga diketahui memiliki minat yang besar terhadap dunia otomotif, dengan mengoleksi beberapa sepeda motor dari jenis motor bebek hingga moge harga ratusan juta rupiah.

Baru-baru ini vokalis band Noah tersebut membeli motor bergaya klasik BMW R 18 First Edition. Motor yang terinspirasi dari desain moge jadul BMW R 5 itu dibanderol Rp 969 juta. Ariel Noah menjadi pemilik pertama BMW R 18 First Edition di Indonesia.

Sebelumnya, penyanyi asal Bandung, Jawa Barat, itu memiliki beberapa motor keluaran BMW Motorrad lainnya, seperti BMW r nine T, dan BMW G 310 GS. Selain moge premium asal Jerman, Ariel Noah ternyata juga memiliki motor bebek Suzuki Shogun yang merupakan pemberian sang ayah. Berikut detailnya.

1. Suzuki Shogun

Ariel Noah memperbaiki motor Shogun lamanya.Ariel Noah memperbaiki motor Shogun warisan ayahnya Foto: Youtube/Ariel Noah

Bagi beberapa orang, restorasi kendaraan tua merupakan hal mengasyikkan. Ini pula yang dilakukan Ariel Noah, ketika ia memutuskan membangun ulang (restorasi) Suzuki Shogun 2001 pemberian sang Ayah.

"Dari SMA gua udah pakai (motor) itu. Cuma kemudian dipakai untuk keperluan (orang) rumah di Bandung. Pas terakhir pulang, ada laporan, motornya rusak. Pas gua lihat kondisinya udah parah. Akhirnya gua berpikir ah ini harus dibenerin nih, nggak boleh didiemin," kata Ariel dalam video 'Restorasi Shogun' yang diunggah di kanal Youtube pribadinya, 6 Januari 2019.

Motor bebek legendaris Suzuki tersebut memang punya arti tersendiri bagi mantan vokalis Peterpan itu. "Terakhir Almarhum bokap bilang, yang ini (motor Shogun) jangan dijual ya. Ini kenang-kenangan biar kamu inget bahwa Papa pernah beliin motor buat kamu sekolah," terang Ariel.

Suzuki Shogun mulai diproduksi di Indonesia sejak tahun 1995. Generasi pertama motor ini dikenal dengan sebutan Shogun Kebo. Dari tahun 1995-2003, Suzuki Shogun dibekali jantung pacu 110 cc. Baru sejak 2004, menggunakan kapasitas mesin lebih besar, 125 cc.

2. BMW G 310 GS

Ariel NoahMotor BMW G 310 GS Ariel Noah Foto: Screenshot Youtube Ariel Noah

Untuk mendukung hobi touring-nya, Ariel Noah juga meminang motor jenis adventure, BMW G 310 GS. Motor ini merupakan kembaran dari tipe roadster BMW G 310 R. Dapur pacunya menggunakan mesin berpendingin cairan, silinder tunggal, berkapasitas 313 cc, DOHC, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 34 dk, dengan klaim top speed 143 km/jam.

Bicara harga, BMW G 310 GS dijual mulai Rp 133 juta off the road untuk versi standar dan untuk versi Adventure Rp 142 juta off the road. Khusus tipe adventure, mendapatkan paket engine guard, tank guard, dan center stand.

Beberapa waktu lalu, Ariel Noah melakukan modifikasi terhadap motor petualangnya itu. Warna dasar motor yang semula silver kombinasi merah, kemudian dimodifikasi dengan warna abu-abu doff dan silver yang dipadu dengan jok berwarna coklat. Warna dan grafis ini mirip seperti BMW R nine T Scrambler.

3. BMW R nine T

Ariel Noah naik motor BMW r nine tAriel Noah naik motor BMW r nine T Foto: www.instagram.com/gadiiing

BMW R nine T mengusung desain ala motor klasik, namun tetap nyaman digunakan untuk perjalanan jauh berkat penggunaan setang lebar. motor ini punya mesin 1.170 cc boxer, dua silinder, DOHC, yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 110 dk pada 7.750 rpm. BMW R nine T dibanderol mulai Rp 644 juta off the road Jakarta.

Dibanding G 310 GS, Ariel Noah lebih sering mengendarai R nine T untuk menemani aktivitas touringnya. Ariel pernah mengendarai motor ini dari Bandung ke Jakarta, dan dari Yogyakarta ke Salatiga.

4. BMW R 18 First Edition

Ariel Noah pamer tunggangan anyar BMW R 18 First EditionAriel Noah pamer tunggangan anyar BMW R 18 First Edition Foto: Instagram @arielnoah

Terakhir, Ariel Noah baru saja membeli moge klasik BMW terbaru, R 18 First Edition. Harga motor ini mencapai Rp 969 juta off the road. Ariel pun menjadi pemilik pertama BMW R 18 First Edition di Indonesia.

Secara tampilan, BMW R 18 mewarisi nilai historis masa kejayaan BMW R 5, yang sarat nuansa klasik. Ada 5 karakter BMW R 5 yang diturunkan ke model R 18. Antara lain rangka double-loop, tangki tear-drop, open gardan, serta cat berpola garis-garis dan desain mesin boxer yang besar.

Motor ini ditenagai mesin 1.802 cc, 2 silinder, big boxer, berpendingin udara, dengan output tenaga puncak 91 dk di 4.750 rpm dan torsi maksimal 157 Nm di 2.000 - 4.000 rpm. BMW R 18 disebut sanggup mencapai kecepatan maksimum 180 km/jam, dan mengonsumsi bahan bakar 5,6 liter/100 km.

"Saya percaya dengan teknologi yang disusupkan pada tiap lini model BMW Motorrad, termasuk BMW R 18. Selain kesan klasik khas yang ditonjolkan, saya yakin riding jauh menggunakan BMW R 18 makin menyenangkan," kata Ariel, dalam peluncuran BMW R 18 First Edition yang dilakukan secara virtual, di kanal Youtube BMW Motorrad Indonesia, Selasa (25/11).



Simak Video "Detik-detik Ariel Noah Disuntik Vaksin COVID-19 di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)