Rabu, 01 Jul 2020 12:31 WIB

Koleksi Mobil Mewah Anggota DPR yang Cekcok dengan Dirut Inalum

Tim detikcom - detikOto
Anggota Komisi VII DPR Muhammad Nasir kembali dipanggil KPK sebagai terkait kasus dugaan suap anggota Komisi VI DPR Bowo Sidik Pangarso, Senin (1/7/2019). Muhammad Nasir Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Anggota DPR Komisi VII Muhammad Nasir kini menyita perhatian publik. Ia sebelumnya mengusir Direktur Utama MIND atau PT Inalum (Persero) Orias Petrus Moedak, bahkan mengatakan akan menyurati Menteri BUMN Erick Thohir untuk meminta dicopot.

Melihat selera otomotif anggota DPR dari fraksi Partai Demokrat ini terlihat tidak banyak tercatat memiliki kendaraan. Hal ini diketahui dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ia memiliki harta sebesar 4.026.064.730 (Rp 4 miliar). Dari total harta tersebut, Rp 1 miliar di antaranya merupakan alat transportasi dan mesin.

Muhammad Nasir tercatat cuma memiliki dua unit kendaraan model SUV. Pertama, Toyota Land Cruiser lansiran tahun 2008 yang ditaksir Rp 700 juta, dan Lexus RX 270 tahun 2011 senilai Rp 350 juta. Keduanya merupakan perolehan atas hasil sendiri. Pun adik mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin ini tidak tercatat memiliki kendaraan roda dua.

Nasir bertugas di Komisi VII yang membidangi energi sumber daya energi dan lingkungan hidup. Sebelumnya debat panas bermula kala Nasir mengomentari utang holding tambang. Ia khawatir, anak usaha di bawah holding tambang tersandera karena masalah utang.

"Saya khawatir 3 anak usaha di bawah holding ini akan tersandera karena utang Freeport nanti. Investasi, investasi apa," kata Nasir di Komisi VII DPR Jakarta, Selasa (30/6/2020).

Nasir kemudian meminta agar Orias diganti. Ia bilang akan menyurati Menteri BUMN Erick Thohir.



Simak Video "Pimpinan DPR Akan Panggil Komisi VII, Buntut Pelibatan CSR"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com