Tim Pengacara Jepang Carlos Ghosn Mengundurkan Diri

Rizki Pratama - detikOto
Kamis, 16 Jan 2020 19:26 WIB
Carlos Ghosn saat peluncuran mobil Eclipse Cross di Jenewa, Swiss Foto: Dina Rayanti
Tokyo - Pengacara Jepang yang mewakili Carlos Ghosn, Junichiro Hironaka menyatakan dirinya tak lagi mengurusi kasus kliennya itu. Dalam pernyataan Hironaka melalui surat elektronik, semua orang yang terlibat dalam tim yang ia pimpin dalam kasus ini telah mengundurkan diri. Juru bicara dari tim pengacara Ghosn ini menolak berkomentar terkait pernyataan tersebut.

Tim pengacara Ghosn lainnya, Takashi Takano juga mengundurkan diri di hari yang sama berdasarkan pernyataan resmi dari kantornya. Namun, pria yang menjawab telepon kantor Takano, Hiroshi Kawatsu sama sekali tidak tahu apakah Takano tak lagi mewakili Ghosn dalam proses hukum kasus ini.

Hironaka sendiri sempat mengutarakan kekecewaannya lantaran Carlos Ghosn melarikan diri ke Lebanon. Ia mengatakan akan berhenti setelah kliennya menyelesaikan kontrak jasanya.



Hironaka disewa jasanya oleh Ghosn pada Februari 2019. Pengacara berusia 74 tahun ini dikenal dengan gayanya yang agresif. Ia juga mendapat julukan 'Razor' karena memenangkan kasus-kasus besar.


Sepak terjangnya yang tak terlupakan adalah pembebasan anggota parlemen senior atas tuduhan pelanggaran keuangan dan pembebasan birokrat atas tuduhan korupsi dari jaksa.

Ghosn sendiri mengaku merasa senang setelah keluar dari Jepang dan mendarat di Beirut , Lebanon. Carlos Ghosn mengatakan bahwa dirinya diperlakukan secara kasar selama proses penahanan di Jepang.

Kini Jepang telah menyatakan Ghosn bersama istrinya sebagai buronan internasional. Ghosn dan istrinya mengaku cukup senang mengakhiri hidupnya di Lebanon karena jika keluar dari negara itu ia otomatis akan ditangkap lagi. (rip/ddn)