Senin, 13 Jan 2020 17:26 WIB

Apa Saja Fitur Keamanan Minibus Kento Momota yang Kecelakaan?

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Media Sosial
Jakarta - Pebulutangkis asal Jepang, Kento Momota baru saja mengalami kecelakaan lalu lintas usai meraih gelar juara di turnamen bulutangkis Malaysia Masters 2020. Momota menumpangi mobil minibus Toyota Hiace berkelir putih yang menabrak buntut truk.

Dalam insiden ini, pengemudi Hiace yang bernama Bavan Nageswarau tewas. Sementara itu Momota, fisioterapi Yu Hirayama, asisten pelatih Akifumi Marimoto, dan Instant Review BWF Foster William Thomas dikabarkan selamat. Momota dan tiga orang lainnya yang selamat segera dilarikan untuk dirawat di RS Petaling Jaya.

Dalam foto kecelakaan Momota yang tersebar baris depan mobil komersial itu nyaris habis dilipat buntut truk yang berujung pada kematian sopir. Mobil ini sendiri sebenarnya telah melewati proses uji tabrak dan mendapatkan nilai maksimal dari Australasian New Car Assessment Program (ANCAP).

Untuk tabrakan depan memang berbeda dari kenyataannya. Dalam tes tabrakan depan hanya mengenai bagian bumper bawah sehingga tampak aman bagi pengemudi. Namun pada kasus Momota truk yang tinggi membuat bagian baris depan ringsek parah.

Dari nilainya di ANCAP, Hiace mendapatkan 35,8 dari nilai maksimal 38 untuk penumpang dewasa. Untuk penumpang anak-anak mendapatkan nilai 43,3 dari maksimal 49 poin. Pada fitur keselamatan mobil ini meraih poin 10,1 dari 13 dan untuk pejalan kaki di sekitar 40,6 dari 48.

Fitur keselamatan mobil ini meliputi dua aribag untuk dua penumpang baris depan. Perlindungan dada dan kepala dari samping serta aribag untuk lutut. Selain itu ada pula Autonomous Emergency Braking (AEB) yang dapat menghindari tabrakan terhadap pejalan kaki disertai dengan Lane Keep Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW), Blind Spot Monitoring (BSW), dan masih banyak lagi.

Meski belum ada keterangan mengenai penyebab kecelakaan sangatlah besar kemungkinan pengemudi sendiri yang kesulitan mengendalikan mobil sehingga menabrak buntut ttruk itu. Seharusnya pengemudi dalam kondisi prima tidak akan menabrak truk dari belakang sehingga menyebabkan kerusakan sedemikian rupa.

Toyota Hiace ini merupakan mobil van berpenggerak roda belakang yang menggunakan mesin 2.8 liter diesel atau 3.5 liter bensin. Layaknya mobil komersial sejenis, mobil ini dapat digunakan sebagai pengangkut orang atau digunakan sebagai mobil kargo.

[Gambas:Youtube]


Apa Saja Fitur Keamanan Minibus Kento Momota yang Kecelakaan?


Simak Video "Video Pebulutangkis Kento Momota Kecelakaan, Sopirnya Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com