Senin, 30 Des 2019 12:37 WIB

Berdiri di Atap Unimog seperti Ahmad Dhani cs Berisiko Jatuh

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Ahmad Dhani keluar dari rumah tahanan Cipinang setelah menjalani hukuman kasus ujaran kebencian. Pada hari kebebasannya itu, keluarga menjemput menggunakan sebuah truk Unimog untuk menjemput Dhani kembali ke rumahnya.

Dhani beserta istri dan anak-anaknya naik di atas truk tersebut termasuk menghiraukan keselamatan berkendara. Bak pada truk seperti itu tidak ditujukan untuk penumpang manusia. Dhani sendiri duduk paling depan, karena truk punya sunroof, maka separuh badan Dhani bisa nongol, begitu juga dengan istrinya Mulan Jameela. Sementara yang lain seperti anak Dhani ada yang duduk di atas mobil.

Berdiri di Atap Unimog seperti Ahmad Dhani cs Tak DianjurkanFoto: Agung Pambudhy


"Hanya untuk angkutan barang dan bukan untuk angkutan orang. Tingkat keamanan tidak ada karena tidak ada sistem pengikat seperti seatbelt yang melindungi penumpang bak," kata Praktisi Defensive Driving Andry Berlianto saat dihubungi detikcom, Senin (30/12/2019).



Instruktur Rifat Drive Labs, Erreza Hardian juga memperkuat pernyataan di atas. Menurutnya menaiki kendaraan pickup di bak memperbesar risiko bahaya. "Bahaya karena tidak ada proteksi untuk badan kita, jadi layaknya seperti kita naik motor tubuh kita malah melindungi kendaraan," timpalnya melalui pesan singkat, Senin (30/12/2019).

Risiko yang dapat diterima penumpang adalah adanya berbagai benda atau hal lain di luar kabin mengenainya. Belum lagi jika terjadi tabrakan akan mengakibatkan luka yang fatal. Hal seperti ini harusnya disadari oleh pengemudi demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan

"Rentan terpapar risiko benturan, tabrakan hingga cuaca panas dan dingin. Kegiatan seperti ini tidak dibenarkan karena mempertaruhkan nyawa orang lain. Pengemudi harus proaktif tidak menerima tumpangan seperti" tutup Andry.

Simak Video "Maia Estianty Ungkap Masa Sulit Usai Bercerai dari Dhani"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com