Sabtu, 28 Des 2019 16:34 WIB

Dear Paspampres, Tolong Ingatkan Hal Ini saat Pak Jokowi Ingin Naik Motor

M Luthfi Andika - detikOto
Jokowi naik motor Foto: detikcom
Jakarta - Menjadi orang nomor satu Indonesia, sudah pasti Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), akan banyak mendapatkan pengawalan ketat. Hal itu wajar, karena jika terjadi sesuatu pada pak Jokowi, akan ikut membahayakan negara kita, Indonesia.

Terlebih ada satu kejadian yang terlihat hampir saja Pak Jokowi terpeleset, saat mengendarai motor. Nah untuk itu ada baiknya untuk para pelindung yakni Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), disarankan untuk bisa mengingatkan kembali pak Jokowi untuk bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Salah satunya menggunakan aksesori keamanan yang lengkap.

Jokowi di Perbatasan RI-MalaysiaJokowi di Perbatasan RI-Malaysia Foto: Scrernshot instagram Jokowi


"Dalam hal ini kita menyimak visualisasi dalam perjalanan menarik pak Jokowi, pertama mengenai safety gear, kedua mengenai motor-nya. Kalau mengenai safety gear pak Jokowi sangat minim menggunakan aksesori keselamatan, untuk kondisi jalanberagam yang beliau tempuh," kata Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, kepada detikcom, Sabtu (28/12/2019).

Jusri coba menggambarkan aksesori yang digunakan Pak Jokowi, yang bisa dikatakan jauh dari aman.



"Dari penggunaan sepatu, sneakers. Sepatu saat berkendara itu minimum mata kaki tertutup dan tidak boleh berbahan kanvas. Kalau kanvas, dipastikan pada titik tertentu seperti mata kaki dan ujung sepatunya, harus berbahan metal atau karbon. Karena rentan sekali cedera jika terjadi sesuatu," ujar Jusri.

"Paling safety ideal ialah harus meggunakan boots, dengan mata kaki tertutup dan ujung kaki tertutup. Kalau lihat celanan yang digunakan pak Jokowi, itu sudah lumayan. Tapi minimum menggunakan jeans, jika terkena gesekan akan lebih aman. Karena jalanan off-road itu sangat mudah sekali hilag kendali. Kalau tidak siap ini bisa membuat cedera memar, keseleo hingga patah. Tapi celana pak jokowi, tidak ada protektor pada kaki. Untuk pak Jokowi sudah ada kok celana dengan protektor," tambah Jusri.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com