Senin, 14 Okt 2019 16:39 WIB

Minta Pejabatnya Naik 'Mobil Rakyat', Erdogan Pakai Sedan Mewah

Dina Rayanti - detikOto
Erdogan. Foto: BBC World Erdogan. Foto: BBC World
Jakarta - Presiden Turki Recep Tayipp Erdogan meminta para pejabatnya untuk mengganti mobil dinas yang digunakan. Permintaan penggantian mobil pejabat Turki oleh Erdogan itu juga berkaitan dengan pembangunan pabrik raksasa otomotif Jerman, Volkswagen di sana.

Selain itu, kontrak sewa untuk menggunakan Audi sebagai mobil dinas pejabat juga akan usai. Para pejabat Turki itu diminta untuk menunggangi Volkswagen Passat. Diketahui, Volkswagen juga identik dengan julukan 'mobil rakyat'.


Berbeda dengan para pejabatnya, Erdogan justru memilih Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard sebagai mobil dinasnya. Baru-baru ini, diberitakan media setempat Avrupa Postasi, Erdogan diketahui memesan empat unit Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard.

Mercedes-Maybach S600 Pullman GuardMercedes-Maybach S600 Pullman Guard Foto: Pool (Carscoops)


Empat mobil itu dipesan langsung dari Jerman dengan spesifikasi sesuai dengan permintaan sang presiden. Mobil juga telah sampai di Turki setelah dipesan selama empat bulan.

Seperti mobil presiden pada umumnya, Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard untuk kendaraan dinas presiden Turki itu dibekali dengan lapisan antipeluru. Mobil didatangkan melalui kargo perkapalan ke Hanau hingga akhirnya diboyong ke Ankara.

Mercedes-Maybach S600 Pullman GuardMercedes-Maybach S600 Pullman Guard Foto: Pool (Carscoops)



Kabarnya keempat mobil yang punya bobot masing-masing 5,5 ton itu punya banderol harga senilai 80 juta lira atau setara dengan Rp 191 miliar.

Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard sendiri memang cukup identik sebagai kendaraan dinas presiden. Beberapa petinggi negara mempercayakan tunggangannya kepada mobil Jerman ini.

Simak Video "Trump Ancam Matikan Ekonomi Turki Jika Warga Kurdi Dilenyapkan"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com