Senin, 14 Okt 2019 13:12 WIB

Jadi Orang Terkaya di China, Jack Ma Pakai Mobil Murah

Dina Rayanti - detikOto
Jack Ma. Foto: Pool Jack Ma. Foto: Pool
Jakarta - Punya harta berlimpah tak selalu membuat seseorang berkeinginan untuk mengoleksi puluhan mobil mewah di garasi rumahnya. Jack Ma misalnya. Masih berada di posisi puncak orang paling kaya di China dengan kekayaan senilai USD 39 miliar atau setara dengan Rp 550 triliun (kurs Rp 14.109), Jack Ma tak punya banyak mobil mewah.

Jack Ma hanya tercatat memiliki tiga mobil mewah yang terparkir di garasi rumahnya. Bahkan salah satu di antaranya adalah mobil murah berupa Roewe RX5 seperti dikutip Business Insider, Senin (14/10/2019) yang digunakan sebagai tunggangan Jack Ma sehari-hari.


Roewe RX5 merupakan sebuah SUV yang diproduksi oleh SAIC Motor di China. Mobil itu diproduksi SAIC sejak tahun 2016. Roewe RX5 punya harga cukup terjangkau bagi orang terkaya di China itu. Kabarnya, Roewe RX5 punya banderol harga 15.000 dolar atau sekitar Rp 211 jutaan.

Mobil itu digarap oleh perusahaan Jack Ma, Alibaba. Alibaba menggarap Roewe RX5 bersama SAIC Motor. Pada peluncurannya pada 2016 kemarin, Ma menyebutnya sebagai 'mobil internet' atau internet car.

Crossover kompak ini hadir sebagai respons Alibaba menghadapi tren kendaraan otonom yang juga sudah digarap serius beberapa perusahaan raksasa lainnya. RX5 (di foto atas) berkonsep mobil internet, mirip mobil KITT di film Knight Rider yang bisa diajak bicara oleh pengguna dalam setiap kesempatan.

Selain Roewe RX5, Ma juga tercatat punya BMW 760Li yang dibeli tahun 2011 senilai 290 ribu dolar AS atau sekitar Rp 4 miliar. Pada masanya, mobil itu merupakan salah satu kendaraan mewah di China. Tak diketahui apakah Ma masih menyimpan kendaraan asal Jerman tersebut atau tidak.


Selanjutnya, Ma memiliki mobil lima penumpang mewah keturunan Mercedes-Benz S-Class, Maybach 62S. Mobil tersebut diboyongnya dengan banderolan USD 492.602 atau sekitar Rp 7,2 miliar. Pada tahun 2008, Maybach 62S dinobatkan sebagai mobil yang menyuguhkan kemewahan paling sempurna, mengalahkan Bentley dan Rolls-Royce.Mobil itu juga sekaligus menjadi tunggangan darat Ma yang paling mahal.



Jadi Orang Terkaya di China, Jack Ma Pakai Mobil Murah


Simak Video "Tuai Kritikan, Jack Ma Jelaskan Soal Sistem Kerja ''996''"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com