Rabu, 04 Sep 2019 16:16 WIB

Gaikindo Kenang Gunadi Sindhuwinata, Sosok di Balik Mobnas MR 90

Luthfi Anshori - detikOto
Karangan bunga penuhi Rumah Duka tempat Gunadi Sindhuwinata disemayamkan Foto: Luthfi Anshori Karangan bunga penuhi Rumah Duka tempat Gunadi Sindhuwinata disemayamkan Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mendatangi Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Soebroto, untuk melayat almarhum mantan Direktur Utama Indomobil, Gunadi Sindhuwinata.

Nangoi mengatakan, industri otomotif Indonesia kehilangan salah satu tokoh yang punya jasa besar di pengembangan industri otomotif Tanah Air.

"Dia itu tokoh otomotif, termasuk salah satu tokoh perintis di Indonesia. Dan saya cukup kaget. Saya tahu beberapa tahun belakangan beliau sakit, tapi dedikasinya tetap tinggi. Dia masih menyempatkan hadir di acara-acara yang berkaitan dengan otomotif. Jadi dia satu panutan yang luar biasa. Dunia otomotif Indonesia kehilangan salah satu tokohnya," ungkap Nangoi, kepada detikcom, di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Soebroto di Jakarta, Rabu (4/9/2019).



Sebagai informasi, Gunadi menjadi tokoh yang cukup sukses meningkatkan kinerja Indomobil, sampai akhirnya terlibat pada pengembangan mobil nasional MR (Mobil Rakyat) 90, sekitar tahun 1990-an.

"Dia selalu berpikir positif, mobil nasional (MR 90-Red) juga kalau saya nggak salah ingat, yang menelurkan juga beliau. Jadi ide-idenya cukup banyak. Beliau kita perlu contoh lah dari berbagai sisi," terang Nangoi.

Presiden Komisaris Indomobil Sukses Internasional Subronto Laras sebelumnya mengatakan rasa kehilangan rekan kerja.

"Ini sahabat, teman kerja. Saya merasa kehilangan seorang engineer yang andal. Jadi saat pulang sekolah dari Jerman (Gunadi) langsung masuk ke Indomobil, kami sangat kehilangan," kata Subronto kepada CNNIndonesia.com dan.detik.com.

Subronto mengenang sosok yang turut meningkatkan kinerja Indomobil hingga proyek mobil nasional MR yang diciptakan pada medio 1990. MR 90 disebut sebagai mobil harga terjangkau untuk masyarakat Indonesia.

Gunadi Sindhuwinata dan Soebronto Laras dalam peluncuran Audi A5 2 April 2009 lalu.Gunadi Sindhuwinata dan Soebronto Laras dalam peluncuran Audi A5 2 April 2009 lalu. Foto: dok detikcom


"Artinya kita satu team, dia bantu saya, lebih dari 20 tahun membentuk satu manajemen. Ya kita banyak menjalankan proyek-proyek, mobil nasional MR. Jadi ilmunya dia banyak terserap," ucap Subronto.

Saat ini, jenazah almarhum yang semasa hidup akrab disapa Pak Kang, disemayamkan di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Nantinya pada hari Sabtu (7/9/2019) pagi, jenazah rencananya akan dikremasi di Rumah Duka Oasis, Tangerang.

Simak Video "Membeludak! Dibuka Perdana, GIIAS 2019 Diserbu Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com