Minggu, 25 Agu 2019 14:11 WIB

Duterte Coret Limusin Mercy dari Daftar Mobil Kepresidenan

Dina Rayanti - detikOto
Rodrigo Duterte. Foto: Screenshot Youtube ABS-CBN Rodrigo Duterte. Foto: Screenshot Youtube ABS-CBN
Jakarta - Sudah sewajarnya pemimpin di sebuah negara dibekali mobil mewah untuk menemani pekerjaannya sehari-hari. Tak heran kalau dilihat, rata-rata orang nomor satu di suatu negara naik mobil mewah berbentuk sedan atau limusin kemanapun ia pergi.

Namun Presiden Filipina Rodrigo Duterte malah berbeda. Duterte diketahui mendapat fasilitas berupa mobil Mercedes-Benz W221 S-Class sebagai kendaraan dinasnya saat menjabat jadi presiden tahun 2016. Tetapi ia justru memilih untuk 'membuangnya'.


Dikutip dari pemberitaan media setempat, Politics, menyingkirkan limusin Mercedes-Benz W221 S-Class adalah hal pertama yang dilakukan Duterte saat menjabat sebagai presiden Filipina. Mobil itu harusnya menemani Duterte ke acara inagurasi dirinya saat terpilih menjadi presiden Filipina.

Duterte memiliki keyakinan kalau mobil berbentuk limusin untuk seorang presiden akan membawa kesialan tersendiri seperti berakhir di penjara atau dikeluarkan dari pekerjaannya.

Duterte saat itu berpikir untuk menggunakan mobil Isuzu pick-up truck yang biasa dikendarainya sehari-hari sejak masih menjabat jadi Wali Kota Davao City. Duterte juga sudah hampir tiga dekade mengendarai pick-up truk untuk kegiatannya sehari-hari. Namun semakin ke sini ia menyadari bahwa sebagai orang nomor satu di Filipina, dibutuhkan pengamanan ekstra.


Kemudian Duterte memutuskan untuk naik SUV Land Cruiser yang telah dibekali lapisan anti-peluru demi menjamin keamanan dirinya ketika dalam perjalanan.

Saat inagurasi dirinya menjadi presiden di Malacanang, Land Cruiser berwarna putih terlihat mengantar Duterte. Senada dengan sang presiden, mobil para pengawal pun berupa SUV seperti Nissan Patrol.

Simak Video " Hii.. Presiden Duterte Digerayangi Kecoak Saat Pidato"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com