Kamis, 22 Agu 2019 17:08 WIB

Minta Menterinya Naik Avanza, Presiden Filipina Pakai Mobil Apa?

Dina Rayanti - detikOto
Rodrigo Duterte. Foto: Screenshot Youtube ABS-CBN Rodrigo Duterte. Foto: Screenshot Youtube ABS-CBN
Jakarta - Presiden Filipina Rodrigo Duterte punya cara tersendiri untuk menghemat anggaran pemerintahannya. Salah satu langkah yang dilakukan Duterte adalah melarang para menteri di bawah kabinetnya untuk menggunakan mobil mewah sebagai kendaraan dinas. Sebagai gantinya, Duterte meminta para menteri untuk menggunakan Low MPV Toyota Avanza.

Avanza dipilih oleh Duterte sebagai kendaraan menteri karena harganya murah sehingga pemerintahannya tak perlu menghambur-hamburkan uang.


Meminta menteri-menterinya menggunakan Avanza sebagai kendaraan dinas demi menghemat anggaran, mobil apa ya yang dikendarai Duterte? Mengutip situs pemberitaan setempat Politics, hal pertama yang dilakukan pertama yang dilakukan Duterte setelah menjadi presiden adalah 'membuang' Mercedes-Benz W221 S-Class dari daftar mobil kepresidenan.

Duterte meyakini kalau mobil kepresidenan berbentuk limosin juga membawa kesialan tersendiri karena banyak dari yang memakainya justru dipenjara.

Duterte kala itu menginginkan truk pick-up Isuzu D-Max miliknya bisa sebagai kendaraannya sehari-hari meski telah menjadi presiden. Duterte memang akrab dengan mobil berjenis pikap truk karena ia telah menggunakannya selama lebih dari tiga dekade sebagai kendaraan dinas.

Begitupun saat Duterte menjabat sebagai Wali Kota Davao City. Hal itu dilakukan Duterte untuk memberi contoh kepada birokrasi agar bisa menghemat anggaran.

Namun ia belakangan menyadari pikap truk tak sepenuhnya bisa melindungi dirinya sebagai orang nomor 1 di Filipina. Pada saat inagurasi, dirinya terlihat menggunakan SUV bongsor Land Cruiser yang telah dibekali lapisan anti peluru B6. Land Cruiser berlapis peluru itu juga dalam beberapa kesempatan terlihat menemani Duterte.


Mobil ini juga disebut-sebut sebagai mobil dinas presiden Filipina. Kalau biasanya rombongan presiden didominasi sedan, rata-rata pengawal Duterte menggunakan SUV bongsor seperti Nissan Patrol dan beberapa model lain.

Senada dengan Duterte, mantan presiden Benigno Aquino III juga menolak untuk mengendarai Mercedes-Benz dan lebih memilih untuk menumpangi Land Cruiser ataupun SUV Lexus.

Simak Video "Avanza Veloz Sebangsa Ramaikan Warga Palembang"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com