Saat Mbah Moen Naik Mobil Patwal, Setia dengan Lampu Merah

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 06 Agu 2019 15:50 WIB
Mbah Moen saat duduk di mobil patwal Polisi Rembang Foto: Tribrata News
Jakarta - KH Maimun Zubair atau yang akrab disapa Mbah Moen meninggal dunia saat hendak menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Semasa hidupnya, Mbah Moen sempat mengajukan keinginannya naik mobil patwal.

Mengutip pemberitaan portal berita resmi Polda Jawa Tengah, Tribrata News, pada Juli 2019 lalu anggota Satlantas Polres Rembang mendapat tugas untuk mengawal perjalanan Mbah Moen. Kedua anggota polisi terdiri dari driver dan navigator dibuat haru sekaligus kagum kepada sosok Mbah Moen.

Ketika hendak masuk ke mobil, Mbah Moen menyapa dua anggota polisi tersebut. Sambil tersenyum kepada kedua anggota polisi, kiai karismatik itu mengatakan, "Sekali-kali saya boleh naik mobil patwal nggak?" menggunakan bahasa Jawa. Pertanyaan itu membuat kedua polisi ini kaget campur senang, karena ulama sekaliber Mbah Mun bersedia naik mobil pengawalan.



Kedua anggota polisi itu mempersilakan Mbah Mun untuk naik mobil. Bukan duduk di bangku penumpang belakang, Mbah Moen duduk di bangku depan samping sopir.

Aipda Wuri Sutristiono bertugas mengendarai mobil yang ditumpangi Mbah Moen. Di belakang, duduk Brigadir Dwi Santoso dan salah satu santri Mbah Moen.

Kepada wartawan Aipda Wuri Sutristiono mengaku saat itu ia sangat senang seperti mimpi bisa satu mobil dengan ulama sekelas KH Maimun Zubair. Ia mengaku salah tingkah. Meski demikian, ia tetap mengedepankan keselamatan bersama.



Selama perjalanan menuju Bandara Ahmad Yani Semarang, Mbah Moen mengingatkan kepada Aipda Wuri Sutristiyono untuk berhenti tiap kali lampu pengatur lalu lintas berwarna merah.

"Karena Mbah Moen sudah sepuh, saya melaju pelan saja. Tiap kali melintas di lampu pengatur lalu lintas dan berwarna merah, beliau selalu meminta untuk berhenti, seperti pengguna jalan pada umumnya. Padahal sudah dikawal petugas, meski punya prioritas," kata Wuri.

Wuri bercerita, ia sudah sering melakukan pengawalan untuk Mbah Moen ketika bepergian keluar daerah. Namun pengalaman yang berkesan adalah pengawalan ketika Mbah Moen mau ikut mengendarai mobil patwal milik kepolisian.

Simak Video "Pelayat Mbah Moen Antre dan Berjubel"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)