Kamis, 11 Jul 2019 17:56 WIB

Hobi Motoran Saat Blusukan, Nurdin Basirun Koleksi Tiga Mobil

Ridwan Arifin - detikOto
Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun saat tiba di gedung KPK. Foto: Ari Saputra Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun saat tiba di gedung KPK. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menjadi sorotan masyarakat karena terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK. OTT yang menjerat Nurdin diduga soal transaksi suap terkait pemberian izin lokasi untuk rencana reklamasi di Provinsi Kepulauan Riau.

Di luar dugaan OTT KPK tersebut, sisi lain dari Nurdin Basirun juga terlihat dalam jejaring sosial instagramnya @nurdin757. Ia terlihat lebih sering menyapa warganya menggunakan sepeda motor, mulai dari moped hingga sport fairing.



Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara yang dimuat di situs e-LHKPN KPK, Kamis (11/7/2019), Nurdin terakhir kali melaporkan harta kekayaannya pada 29 Mei 2018 untuk periode kekayaan 2017.

Total harta kekayaan Nurdin Rp 5.873.120.516, namun dari data alat transportasi dan mesin, Nurdin tidak memiliki koleksi sepeda motor sama halnya saat melakukan blusukan.

Ia hanya mengkoleksi tiga mobil, yakni Honda CR-V Jeep Tahun 2005, atas hasil sendiri yang ditaksir Rp 18 Juta. Kemudian mobil Toyota Camry tahun 2011 atas hasil sendiri Rp 80 Juta dan Honda CR-V tahun 2012 atas hasil sendiri Rp 110 juta.



Nurdin dan sejumlah orang lainnya yang terjaring OTT saat ini sudah menuju Jakarta. Mereka akan menjalani pemeriksaan lanjutan di KPK setiba di Jakarta.

"Tim KPK telah membawa sekitar 6 orang yang diamankan di OTT kemarin. Mereka dalam perjalanan ke Jakarta lewat jalur udara," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah secara terpisah.

Mereka yang terjaring OTT itu masih berstatus terperiksa. Sore ini, KPK baru akan mengumumkan siapa saja yang menjadi tersangka dalam OTT tersebut.

(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed