Selasa, 09 Jul 2019 11:44 WIB

Petinggi Negara Tanpa Mobil Mewah

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mantan Presiden Uruguay, Jose Mujica, yang hanya pakai VW Kodok. Foto: Dok. BBC Mantan Presiden Uruguay, Jose Mujica, yang hanya pakai VW Kodok. Foto: Dok. BBC
Jakarta - Karena alasan keamanan, petinggi negara biasanya diberikan mobil-mobil yang harganya cukup fantastis. Setidaknya satu unit mobil petinggi negara yang mementingkan keamanan kalangan VIP tersebut harganya mencapai miliaran rupiah.

Ambil contoh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menggunakan limosin berjuluk The Beast seharga hingga Rp 21 miliar. Mobil Cadillac One itu memiliki segudang fitur demi keamanan orang nomor satu di negara adidaya tersebut.

Namun ternyata pernah ada petinggi negara tanpa mobil mewah. Ialah mantan Presiden Uruguay, Jose Mujica, yang hanya pakai mobil butut. Jose Mujica, yang menjabat sebagai presiden di negara itu sejak 2010 sampai 2015 sebelum digantikan oleh Tabare Vazquez, ke mana-mana hanya naik Volkswagen Beetle atau di Indonesia dikenal dengan sebutan VW Kodok.



VW Kodok berkelir biru petinggi negara yang akrab disapa Pepe tersebut terbilang tua. Mobil itu keluaran tahun 1987. Pada 2010, dalam pengumuman harta kekayaan, mobil Beetle tahun 1987 miliknya hanya bernilai US$1.800 (Rp 25 jutaan, USD1=Rp 14.137 hari ini).

Dalam satu kesempatan, Pepe yang dikenal sebagai 'presiden termiskin di dunia' menjawab pertanyaan, kenapa harus pakai mobil tua, padahal di kebanyakan negara lain para presiden berlomba-lomba memakai mobil bermerek canggih hingga ada yang antibom? Jawaban dia adalah, dengan menggunakan mobil tua, mantan presiden tersebut bisa berjalan bebas dan mendapat dukungan banyak orang.

"Presiden bisa pergi ke bar dan beli minuman atau kopi dan warga negara seperti yang lainnya juga. Tidak ada yang lebih dari lainnya," kata Mujica seperti diberitakan detikNews pada 2015 lalu.



"Bagi kami, tidak ada jarak antara politisi dan rakyat. Dan inilah tradisi, bukan sesuatu yang saya terapkan. Saya tahu ada presiden lain yang mengemudi mobilnya sendiri," tambahnya.

Pepe sempat mendapat tawaran USD 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar untuk VW Kodok tuanya. Tawaran itu didapatkan dari seorang syekh Arab. Mujica mengatakan jika dia mendapat satu juta dolar untuk mobil itu, dia akan menyumbangkannya ke program yang mendukung penyediaan rumah bagi gelandangan.

Namun, tawaran seharga Ferrari dan Lamborghini itu ia tolak. Kata Presiden Uruguay ke-40 itu, ia tak mungkin menjual VW Beetle biru tersebut.



"Kami akan menghina teman-teman kami yang sudah bersusah payah mengumpulkan uang untuk membeli mobil tersebut untuk kami," tegas Jose Mujica.

"Saya tidak tahu apakah mobil itu akan dijual di masa depan. Tetapi yang saya tahu, selama saya hidup mobil itu akan ada di garasi," ujarnya lagi.

Sementara itu, bicara soal mobil presiden, pemerintah dikabarkan tengah mencari mobil baru untuk Presiden RI. Dikabarkan, dua pabrikan asal Jerman, BMW dan Mercedes-Benz menawarkan mobil terbaiknya untuk RI1. Mercedes-Benz menawarkan S-Class, sementara BMW mengajukan Seri 7.

Simak Video "Mengintip Mobil Dinas Presiden Sukarno, Buick Super Sedan 1949"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com