Selasa, 25 Jun 2019 16:37 WIB

Nissan President Yusril Antipeluru, Pernah Dipakai Helmut Kohl

Sudrajat - detikOto
Yusril Ihza Mahendra Foto: Zunita/detikcom Yusril Ihza Mahendra Foto: Zunita/detikcom
Jakarta - Mobil Nissan President koleksi Yusril Ihza Mahendra tergolong unik, mobil ini pernah digunakan Kanselir Jerman Helmut Kohl sementara onderdilnya ada yang dibeli langsung dari Jepang. Selain itu mobil juga antipeluru.

Menurut Yusril, mobil itu bekas armada mobil yang dipakai untuk mengangkut pejabat pemerintah pada KTT APEC di Bogor, November 1994. "Saya dapat info saat KTT mobil ini digunakan Kanselir Jerman Helmut Kohl," kuasa hukum pasangan Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin itu.

Interior mobil berwarna cerahInterior mobil berwarna cerah Foto: Screenshoot 20detik




Mobil diparkir di rumah Yusril Ihza Mahendra bersamaan dengan Mercedes-Benz S450 dengan inisial namanya, YIM, Toyota Vellfire warna putih, Toyota Hi-Ace, sedan sport mungil warna putih, dan lainnya.

Saat dilihat detikcom, hampir seluruh bodi Nissan President itu ditutupi sarung mobil.

Nissan President koleksi Yusril Ihza MahendraNissan President koleksi Yusril Ihza Mahendra Foto: Screenshoot 20detik


"Hibah dari pembeli pertama yang kalau dijual mungkin harganya sekitar Rp 100 juta. Tapi biaya servis dan upgrade lainnya saya habis sekitar Rp 200 juta," kata Yusril sambil tertawa.



Sedan Nissan President koleksi Yusril Ihza MahendraSedan Nissan President koleksi Yusril Ihza Mahendra Foto: Screenshoot 20detik

Biaya servis sebesar itu dikeluarkan antara lain untuk membeli pelek baru seharga Rp 30 juta, sebab pelek aslinya sudah karatan. Juga beberapa onderdil lain yang harus dibeli langsung dari Jepang. Bodi mobil berkapasitas mesin 4.500 cc itu disebut Yusril antipeluru. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com