Rabu, 03 Apr 2019 10:07 WIB

Pangeran Philip Kecelakaan, Ratu Elizabeth Enggan Nyetir Lagi

Rizki Pratama - detikOto
Ratu Elizabeth II di belakang kemudi Foto: Getty Images Ratu Elizabeth II di belakang kemudi Foto: Getty Images
London - Ratu Elizabeth II dikenal senang nyetir bahkan hingga usianya yang sudah menginjak 93 tahun. Namun pada usia itu juga memutuskan untuk tidak lagi mengemudi di jalanan umum.

Keputusan ini diambil setelah 2 kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada suaminya, Pangeran Philip awal tahun ini. Meskipun tidak ada konfirmasi langsung dari sang ratu, Sunday Times melaporkan bahwa Ratu Elizabeth telah mengatakan hal tersebut.

Terlepas dari keputusannya tersebut, hobi mengemudinya masih dapat disalurkan melalui jalanan privat milik Ratu Elizabeth. Sedangkan pada jalanan umum akan diserahkan kepada sopir kepercayaan dari kerajaan yang bertugas.



Berbeda dengan Pangeran Philip yang harus menyerahkan izin mengemudinya karena kecelakaan beberapa waktu lalu, Ratu Elizabeth tak perlu menyerahkan apapun. Pasalnya dia sendiri merupakan satu-satunya orang di Inggris yang boleh mengemudi tanpa SIM.

Berdasarkan aturan Inggris, Ratu Elizabeth tidak perlu SIM karena seluruh izin mengemudi warga Inggris diberikan oleh sang ratu sendiri. Selain itu dia juga memiliki kuasa penuh dan kebal atas segala regulasi dan aturan lalu lintas yang berlaku di sana.



Ratu Elizabeth sendiri tidak pernah melakukan tes mengemudi, dia hanya belajar sendiri sejak usia 19 tahun. Ia bahkan belajar mengemudi mengenali pengetahuan mekanik mobil menggunakan mobil ambulans pada masa Perang Dunia II.

Hingga saat ini Ratu Elizabeth selalu ingin mengemudi kapanpun dia memiliki kesempatan. Beberapa koleksi mobil kesayangan di antara lain adalah merek dari Jaguar dan Land Rovers. (rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com