Jumat, 08 Mar 2019 17:24 WIB

Pengemudi Pertama di Dunia itu Perempuan, Lho

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Pool Foto: Pool
Jakarta - Saat ini mungkin sudah menjadi rahasia umum pengemudi wanita dijadikan bahan bercanda karena seringkali didapatkan ceroboh dalam berkendara. Tapi bila melihat sejarah, dunia otomotif khususnya mobil tidak akan berkembang seperti saat ini tanpa perempuan, lho.

Melansir motor1, dalam catatan sejarah pengemudi pertama di dunia adalah seorang perempuan. Tepatnya ia adalah Bertha Benz, istri dari Karl Benz yang pertama kali mendesain dan membangun mobil dengan sistem pembakaran.


Pada tahun 1888, Bertha membawa Motorwagen Model III buatan suaminya tanpa memberitahu dan meminta izin pada sang suami. Bertha melakukan perjalan dari Mannheim menuju Pforzheim yang berjarak 106 kilometer. Itu adalah sebuah perjalanan bersejarah yang mencatatkan dirinya sebagai manusia pertama mengemudikan sebuah mobil.

Tujuan Bertha pada saat itu adalah meyakinkan suaminya bahwa penemuan yang sudah memakan investasi besar tersebut dapat dipasarkan dan memberikan keuntungan. Pada saat perjalanan pun Bertha cukup paham teknik mekanis yang mana dia terapkan untuk menyelesaikan sejumlah permasalahan saat perjalan itu.


Bertha juga sempat berhenti di kota Wiesloch dan membeli bahan bakar kepada ahli kimia, yang mana setelah itu menjadi stasiun pengisian bahan bakar pertama di dunia.

Singkat cerita, Bertha akhirnya sampai ke tujuan dan mengabari kesuksesan perjalanan tersebut kepada suaminya melalui telegram. Beberapa hari setelah berisitirahat ia kembali kampung halamannya.

[Gambas:Youtube]

(rip/ruk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com