Senin, 04 Mar 2019 17:59 WIB

Andi Arief Pernah Kendarai Mitsubishi Lancer

Ridwan Arifin - detikOto
Andi Arief Foto: Twitter @AndiArief__ Andi Arief Foto: Twitter @AndiArief__
Jakarta - Nama Wakil Sekertaris Jendral Partai Demokrat Andi Arief kembali mencuat, namun kali ini dirinya terjerat kasus narkoba. Pria ini juga pernah didapuk oleh Presiden SBY menjabat sebagai Komisaris di PT Pos Indonesia, di saat itu pula Andi Arief diketahui hanya memiliki satu unit kendaraan bergerak Mitsubishi Lancer lansiran tahun 2012.

Hal ini diketahui melalui Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang detikOto akses pada Senin (04/03/2019), Mitsubishi Lancer lansiran tahun 2012 miliknya ditaksir seharga Rp 115 Juta Rupiah, kala itu dilaporkan LHKPN sepuluh tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2009.

Mobil Andi Arief saat menjabat di PT PosMobil Andi Arief saat menjabat di PT Pos Indonesia Foto: dok. Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN))



Menarik sedikit taris garis ke belakang, Mitsubushi Lancer dikenal sebagai sebuah sedan dengan tenaga yang mumpuni, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors sebagai Agen Pemegang Merk mendatangkan Lancer ke Indonesia dengan tipe GLX, GLXi, GTi, atau SEi. Semuanya berpenggerak roda depan dengan dapur pacu berkapasitas di bawah 2.000 cc. Berbeda dengan evo yang dibekali mesin berkapasitas 2.000 cc.

Misalnya di Mitsubishi meluncurkan Lancer pada 2002 dengan 2 opsi, yaitu INVECS III 1.8 CVT SEi & 1.6 GLXi yang produksinya berakhir di tahun 2007.



Sementara Lancer Evolution makin hari makin berkibar, di saat itulah generasi keenam Lancer Evo lahir antara Januari 1999 sampai 2001 dengan menggunakan platform CP9A. Pada Lancer Evolution VI, aerodinamika makin menjadi perhatian Mitsubishi disamping pendingin mesin dan ketahanannya. Lancer Evolution VI edisi Ralliart di Inggris bisa mencapai kekuatan 330 hp.

Di tahun 1999, lahir pula Evolution VI edisi spesial yakni Tommi Makinen Edition yang diciptakan sesaat setelah pembalap Tommi Makinen memenangkan kejuaraan reli dunia dengan mobil tangguh ini.

Kemudian Generasi ketujuh Lancer Evo ini lahir dan hidup antara bulan Maret 2001 sampai Januari 2003. Seluruh bagian mobil ini berubah dari generasi sebelumnya. Bahkan di generasi ini pula Mitsubishi mulai memperkenalkan Evolution dengan transmisi otomatis.

Kembali ke Andi Arief, pria ini juga sempat menjabat Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam, namun saat mengakses LHKPN tidak ditemukan data di LHKPN. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com