Sabtu, 16 Feb 2019 16:00 WIB

Hobi Vespa Jadul Dahnil Anzar

Ridwan Arifin - detikOto
Dahnil Anzar Simanjuntak Foto: Ari Saputra Dahnil Anzar Simanjuntak Foto: Ari Saputra
Jakarta - Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Dahnil Anzar Simanjuntak punya hobi mengkoleksi sepeda motor antik nan klasik, Vespa dua tak yang posisi mesinnya berada di sebelah kanan.

Hal ini diketahui melalui jejaring sosial instagram pribadi miliknya @dahnil_anzar_simanjuntak. Beberapa kali dirinya membagikan momen perjalanan bersama tunggangannya.




Dalam amatan detikOto, ada dua jenis yang sering dipamerkan, yakni Vespa Sprint Bagol dan Vespa Super 66.

"Isi bensin dulu.. sebelum raon-raon (jalan-jalan)," tulisnya di salah satu postingan instagramnya, beberapa waktu yang lalu.

[Gambas:Instagram]



Memang penggila Vespa klasik di Indonesia sudah menjamur, berasal dari beragam latar belakang.

Perlu diketahui, skuter Vespa resmi masuk ke Indonesia pada tahun 1970 dibawa oleh perusahaan joint venture dari Denmark, Italia, dan Indonesia, Danmotors Vespa Indonesia (DVI) atau kerap sering disebut Danmotors saja. Enam tahun kemudian, skuter tersebut memiliki 35 persen konten lokal sehingga harganya langsung turun drastis dibanding impor langsung seperti pada tahun 1966.



Seiring perkembangannya, kandungan komponen lokal di Vespa terus meningkat dimulai dengan menggunakan body parts buatan Indonesia pada tahun 1979 hingga bisa memproduksi bagian mesin secara mandiri pada tahun 1992. Tapi, kehadiran motor bebek dan regulasi emisi yang baru di tahun 2006 membuat motor itu tergerus hingga pada akhirnya disuntik mati.

Kini penjualan Vespa ditangani langsung oleh Agen Pemegang Mereknya PT Piaggio Indonesia. (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed