Selasa, 08 Jan 2019 12:50 WIB

Tampak Kurus, Carlos Ghosn Muncul di Persidangan

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Reuters/Steve Marcus/File Photo Foto: Reuters/Steve Marcus/File Photo
Tokyo - Mantan bos Nissan Motor Co Carlos Ghosn akhirnya muncul ke publik dalam sidang di Pengadilan Tokyo. Ghosn yang terlihat lebih kurus mengaku dirinya tidak bersalah.

Kemunculan Ghosn di depan publik merupakan yang pertama kalinya sejak penangkapannya pada bulan November lalu. Kepada pengadilan Tokyo, Ghosn mengaku telah dijebak dalam kasusnya itu. "Saya telah dituduh secara salah dan ditahan secara tidak adil berdasarkan tuduhan yang tidak berdasar," katanya sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (8/1/2019).



"Berlawanan dengan tuduhan yang dibuat oleh jaksa penuntut, saya tidak pernah menerima kompensasi yang tidak diungkapkan. Saya juga tidak pernah menandatangani kontrak mengikat dengan Nissan untuk dibayar yang tidak diungkapkan," lanjutnya.

Ghosn dituduh tidak melaporkan pendapatannya dengan utuh. Eksekutif berusia 64 tahun itu juga telah ditangkap atas tuduhan pelanggaran kepercayaan dalam mengalihkan kerugian investasi pribadi senilai 1,85 miliar yen atau setara US$ 17 juta kepada Nissan.

Ghosn tampil ke publik dengan tampilan yang tampak lebih kurus dengan mengenakan setelan tanpa dasi. Rambutnya yang hitam pun telah menunjukkan uban. Tangannya terikat borgol dan ada tali di pinggangnya. Ghosn ditahan di sel kecil dengan toilet di ujung kamar dan tidak memiliki fasilitas penghangat. Jauh dari gaya hidup jetset yang selama ini ia nikmati.

Menurut anak Ghosn, Anthony Ghosn, ayahnya kehilangan berat 10 kg sejak ditahan. Di bawah aturan Jepang, tersangka bisa ditahan selama 23 hari tanpa tuntutan. Dan bisa ditangkap lagi untuk tuduhan lainnya. Ghosn awalnya ditangkap pada 19 November lalu, namun pada 31 Desember lalu, Ghosn kembali ditangkap dan ditahan 10 hari sampai 11 Januari.



Sidang tersebut diadakan untuk menjelaskan alasan penahanan Ghosn yang berkepanjangan sejak penangkapannya pada 19 November lalu. Yuichi Tada selaku Hakim Ketua membacakan dakwaan dan mengatakan Ghosn ditahan karena risiko kabur dan kemungkinan bahwa ia dapat menyembunyikan barang bukti.

Sebelumnya, Ghosn dipuji telah menyelamatkan Nissan dari kebangkrutan dua dekade lalu. Mengenai tuduhan bahwa ia memindahkan kerugian ke Nissan, Ghosn mengatakan bahwa ia telah meminta perusahaan untuk sementara mengambil jaminan untuk kontrak valuta asingnya.

Dia mengatakan hal itu dilakukan untuk menghindari satu-satunya pilihan lain yang dia miliki, yaitu mengundurkan diri dan menggunakan uang pensiunnya sebagai jaminan.

Sidang Ghosn menyita perhatian publik Jepang. Pengadilan membuka undian untuk 14 kursi pengunjung sidang. Total ada 1.122 orang yang mengikuti undian. Tanda mereka mengikuti kasus ini dengan antusias. Sementara di luar pengadilan, banyak wartawan yang berkerumun. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed