Senin, 07 Jan 2019 15:17 WIB

Kata Ariel Noah, Ini Bagian Paling Asyik Saat Restorasi Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Youtube/Ariel Noah Foto: Youtube/Ariel Noah
Jakarta - Restorasi jadi salah satu tren yang kini tengah berkembang di dunia otomotif Tanah Air. Restorasi bisa diartikan mengembalikan kondisi motor lawas sesuai dengan kondisi saat pertama kali motor itu dibeli atau diproduksi.

Menurut vokalis band Noah, Ariel, ada salah satu bagian paling mengasyikkan saat 'membangun' kembali motor lawas ke kondisi sesuai standar pabrikan, yakni ketika proses mengumpulkan sparepart original.

"Paling seru bagian nyari sparepart (original). Spatbor depan dapat di toko ini. Standar samping yang rusak dapatnya di toko ini. Speedometer rusak dapatnya di toko mana. Jadi kayak ngumpulin puzzle," kata Ariel dalam video berjudul 'Restorasi Shogun' yang diunggah di channel YouTube Ariel Noah, Sabtu (5/1/2019).



Salah satu komponen motor yang paling sulit dicari saat proses restorasi motor, menurut Ariel adalah komponen kecil seperti mur/baut.

"Paling malas kalau cari mur/sekrup. Cari yang originalnya susah. Ini kemarin habis direndam pakai antikarat biar karatnya hilang," lanjut Ariel yang memilih pakai mur/baut lama untuk restorasi motor Shogun miliknya.




Proses restorasi motor sebisa mungkin memang harus menggunakan sparepart original untuk menjaga keaslian motor. Beberapa pabrikan motor di Indonesia masih ada yang memproduksi sparepart motor lawas, sehingga cukup gampang ditemui. Tapi jika sudah tidak ada lagu di dalam negeri, terkadang para pelaku restorasi motor biasanya akan berburu sparepart hingga ke luar negeri.

[Gambas:Video 20detik]

(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed